Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto menyerahkan simbolik bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto menyerahkan simbolik bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar membagikan ribuan paket sembako kepada sejumlah warga terdampak virus corona (Covid-19). Sebanyak 1.000 paket sembako gratis didistribukan kader-kader PKB di 21 kelurahan se Kota Blitar.

Ribuan paket sembako tersebut diinisiasi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB  Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin. Paket sembako ini dibagikan untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19 di Blitar Bumi Bung Karno.

Baca Juga : Berpotensi Jadi Kluster Baru Covid-19, Pabrik Rokok di Purwosari Ditutup Sementara

Bantuan sosial berupa sembako dari PKB diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPC PKB Kota Blitar yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Yasin Hermanto di Kelurahan Rembang,  Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu (16/6/2020). Di kesempatan ini Yasin menyerahkan simbolis kepada 10 penerima manfaat.

“Tujuan dibagikan sembako ini ialah untuk meringankan beban masyarakat Kota Blitar yang terdampak Covid-19. Upaya yang kita lakukan, PKB melalui DPP, DPW dan DPC bergabung memberikan bantuan sembako. Sembako kita bagikan di seluruh kelurahan,” ungkap Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto kepada BLITARTIMES.

Yasin menambahkan, untuk pendataan warga yang menerima bantuan sembako kali ini pihaknya dari PKB menugaskan ketua ranting di masing-masing wilayah. “Kami tugaskan ketua ranting yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Untuk jumlah yang diminta, tergantung permintaan dari ketua ranting, misal ada yang minta 10 bingkisan, ada yang 50 bingkisan, kita ikuti aja,” terang wakil ketua dewan yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat.

Lebih dalam di kesempatan ini Yasin mengimbau kepada warga Kota Blitar untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 dengan selalu mengikuti arahan-arahan dari pemerintah. Masyarakat diimbau disiplin melaksanakan protokol kesehatan, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), physical distancing dan sosial distancing.

“Apapun kegiatanya selalu pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak dan patuhi imbauan-imbauan dari pemerintah. Seperti hari ini kita untuk penyaluran bansos hanya simbolis 10 orang saja, sisanya kita salurkan secara door to door langsung ke penerima manfaat,” tandas Yasin.

Baca Juga : Salurkan Bantuan Pangan, Polsek Ngrayun Temukan Lansia Telantar Tinggal di Kandang Sapi

Bantuan sembako yang disalurkan PKB direspons positif oleh masyarakat Kota Blitar. Mereka yang merupakan para warga terdampak Covid-19 tak dapat menyembunyikan kegembiraanya. Bantuan ini mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari di masa pandemi.