Pembagian nasi bungkus untuk warga terdampak Covid-19.(ist)
Pembagian nasi bungkus untuk warga terdampak Covid-19.(ist)

KEDIRITIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah membagikan nasi bungkus (Nasbung) kepada para warga terdampak covid-19.

Pembagian Nasbung itu dalam upaya meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid-19. Dimana, targetnya adalah 20 ribu bungkus yang dibagikan menjelang buka puasa selama 16 hari. Yakni, mulai tanggal 4 - 20 Mei 2020 mendatang. 

Tak sekadar nasbung, Pemkot Kediri juga melakukan penggalang solidaritas dan memberi pekerjaan bagi warga ekonomi lemah yang terdampak covid-19.

“Target kami 18 ribu sampai 20 ribu bungkus diperuntukan kaum dhuafa di Kota kediri. Penyalurannya lewat 46 kelurahan selama 20 hari," kata Ardi Handoko, Kabag Kesra Kota Kediri.

Ardi melanjutkan, awalnya ini adalah anggaran untuk safari ramadan yang rutin diadakan tiap tahun. Namun karena pandemi covid-19, untuk tahun 2020 ini anggaran itu diganti menjadi pembagian nasbung.

Pembelian atau pengadaan nasbung dilakukan di warung-warung kecil di kelurahan masing-masing guna pemberdayaan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Yang memasak warga sini yang biasanya dapat order catering, tapi pas Corona tidak dapat order,” kata Widya Purna Nurhuda, Lurah Setonopande, Kecamatan Kota. 

Usaha catering yang dipilih pun yang usahanya kecil, bukan catering besar, lanjut Widya.

Terpisah, Nunis (34) penerima order nasbung ini menghidupi dua anaknya. Kesehariannya, ia mendapatkan order dari kantor-kantor, semua ia olah sendiri. Berhubung kantor banyak yang bekerja di rumah, maka tak ada orderan lagi.

Untuk program nasbung ini, Nunis mengolah sekitar 400-an bungkus. Nasi bungkus dengan lauk daging ayam, mie, dan sayuran. Ia juga menggerakkan ibu-ibu yang lain untuk membantu. 

“Kalau dananya utamanya dari Pemkot, tapi warga juga ada yang iuran, juga Pak Lurah ikut nambahi,” kata Nunis. 

Dalam memasak, ia juga menaati prosedur kesehatan. Semua menggunakan masker dan memperhatikan kebersihan dari mulai bahan hingga pembungkusan. 

Menurut Widya, target dari Kesra, pembagian nasbung ini dilakukan setiap hari di setiap kecamatan di Kota Kediri. Masing-masing kecamatan minimal 1 kelurahan, ada yang 2 kelurahan per hari. 

Teknisnya, tetap menghidari berkumpul dan taat prosedur kesehatan. Dari warga yang memasak, nasi bungkus dikumpulkan ke kelurahan. Dari kelurahan ini, dibagian oleh Karang Taruna ke rumah-rumah yang membutuhkan. Harapannya, warga yang terdampak bisa mendapatkan buka puasa dengan nasi bungkus.

Bagian Kesra menargetkan, semua warga terdampak mendapatkan pembagian nasbung ini. Bantuan yang bisa langsung dimakan dan pengolahannya hingga pembagiannya melibatkan warga kelurahan. 

Hari ini, Sabtu (9/5/2020) jadwalnya di Kelurahan Mrican (Kecamatan Mojoroto), Kelurahan Kaliombo (Kecamatan Kota), dan Kelurahan Tosaren (Kecamatan Pesantren).