Criss Smalling (kanan) bersama rekannya di AS Roma (istimewa)
Criss Smalling (kanan) bersama rekannya di AS Roma (istimewa)

AS Roma sukses mengajak fansnya, masyarakat ibukota khususnya, dan umumnya warga Italia untuk berdonasi melawan Covid-19 yang sudah menelan banyak korban di negara pizza ini.

"AS Roma hari ini mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang dengan murah hati menyumbang untuk kampanye GoFundMe Covid-19 klub yang menghasilkan lebih dari setengah juta Euro," tulisnya dalam website resmi Serie A.

Kampanye yang diluncurkan pada 11 Maret, hari ini telah berhenti menerima sumbangan, karena fokus di Italia saat ini bergeser dari keadaan darurat medis ke bagaimana negara itu kembali ke kehidupan normal dengan aman.

Diluncurkan tiga minggu sebelum kematian Covid-19 di Italia memuncak, kampanye GoFundMe diumumkan dengan target ambisius 500.000 dolar.

Setelah tanggapan luar biasa dari para pendukung dan pengikut di seluruh dunia, dan ditambah dengan sumbangan dari AS Roma sendiri, presiden klub Jim Pallotta, mitra klub Generation Amazing, sejumlah mantan pemain dan kontribusi yang cukup besar dari para pemain dan staf pelatih, yang menyerahkan gaji satu hari, target tercapai dalam beberapa minggu.

Pada akhirnya, total 544.836 dolar dimunculkan melalui kampanye. Dari total itu, lebih dari 130.000 dolar disumbangkan langsung oleh pendukung dan pengikut.

Dengan uang yang dihimpun melalui kampanye GoFundMe, klub dapat membeli tiga ventilator perawatan intensif, lima ventilator paru untuk perawatan sub-intensif dan delapan tempat tidur perawatan intensif baru.

Lebih dari 70.000 topeng, 30.000 pasang sarung tangan dan 11.000 botol gel pembersih tangan atau antiseptik juga dibeli dan didistribusikan ke rumah sakit, yang membutuhkan dan entitas lainnya di seluruh Roma.

"Atas nama semua orang di Roma, saya harus mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membantu kami mengumpulkan lebih dari setengah juta Euro di GoFundMe," kata Francesco Calvo, chief operating officer di AS Roma.

Selain itu, Calvo juga tak menyangka bahwa respon dari fans juga masyarakat Italia sangat besar meski diterpa badai Covid-19. “Respons terhadap kampanye kami benar-benar luar biasa. Ketika kami meluncurkan kampanye, hampir dua bulan yang lalu, rasanya seperti kami berada di mata badai dan kebutuhan mendesak adalah membantu menyediakan ventilator dan tempat tidur ke rumah sakit di Roma," ungkapnya.

"Berkat sumbangan dari penggemar, kami dapat memberikan apa yang dibutuhkan oleh rumah sakit dan seiring dengan perkembangan situasi, kami telah dibimbing oleh Perlindungan Sipil dalam cara kami menggunakan dana - dengan 32.000 topeng didistribusikan minggu ini di seluruh kota untuk menjaga brankas publik saat kuncian secara bertahap mengangkat," imbuhnya mengakhiri.