Stadion kebesaran AC Milan, San Siro (istimewa)
Stadion kebesaran AC Milan, San Siro (istimewa)

Dua tim sekota AC Milan dan Inter Milan telah menyerahkan dokumen persiapan yang akan diserahkan kepada pemerintah kota setempat untuk proyek kelayakan pembuatan stadion kelas dunia baru dan distrik olahraga serta hiburan di wilayah San Siro, Milan.

Dua proposal baru tersebut adalah hasil dari dialog konstruktif dengan pemerintah kota dan telah dikembangkan sesuai dengan 16 persyaratan yang disediakan pemerintah kota Milan beserta perwakilan legislatif pada bulan November 2019 lalu.

Konsep-konsep baru yang dirancang oleh Populous dan Manica atau Sportium menyediakan untuk retensi bagian dari Stadion Giuseppe Meazza yang saat ini dalam kawasan ritel dan olahraga baru yang dapat digunakan 365 hari dalam setahun, termasuk sekitar 106.000 meter persegi ruang hijau atau bisa dikatakan hampir dua kali lipat 56.000 meter persegi ruang hijau saat ini di situs saat ini.

Jika memang proyek tersebut berhasil, tentunya ini akan didedikasikan untuk kegiatan ritel, olahraga, budaya dan rekreasi baik di luar maupun di dalam ruangan, termasuk lintasan lari, jalur sepeda, gym outdoor, taman skateboard, lapangan lima sisi dan museum olahraga.

Menurut rencana, sebagian besar layanan olahraga akan tersedia secara gratis untuk warga Milan dan warga di sekitarnya. Kedua konsep tersebut akan menghasilkan distrik inovatif yang didedikasikan untuk generasi berikutnya, yang terdepan untuk dampak lingkungan yang rendah dan keberlanjutan yang tinggi, menciptakan tempat pertemuan baru untuk kegiatan sosial dan rekreasi di lingkungan tersebut.

AC Milan dan Inter Milan percaya proyek itu sangat penting, terutama mengingat momen saat ini, untuk memulai sebuah proyek yang mewakili lebih dari satu miliar Euro investasi swasta, yang akan menghasilkan ribuan pekerjaan baru dan berfungsi sebagai landasan untuk pengembangan masa depan dari kota Milan dan sepak bola Italia.