Petugas PSC saat memeriksa kondisi korban usai terpeleset dan terjatuh di Sungai Brantas. (Ist)
Petugas PSC saat memeriksa kondisi korban usai terpeleset dan terjatuh di Sungai Brantas. (Ist)

Kejadian nahas menimpa Sali, warga Jalan Kolonel Sugiono 4, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Kakek berusia 83 tahun tersebut tewas setelah terpeleset dan hanyut di Sungai Brantas yang tak jauh dari kediamannya.

Kejadian hingga korban tewas bermula saat pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB. Korban hendak membuang sampah di aliran Sungai Brantas. Dan ketika sudah sampai ke pinggiran sungai, korban tiba-tiba saja terpeleset, jatuh ke sungai, dan hanyut.

"Tadi bapaknya sedang membuang sampah ke Sungai Brantas, lalu dia terpeleset dan sempat hanyut sekitar 10 meter. Lalu ada warga yang berteriak-teriak meminta tolong hingga didengar oleh beberapa warga di sekitar lokasi kejadian dan langsung berusaha mengangkat korban dari dalam sungai," terang Muhammad Ismail, warga sekitar.

Setelah korban diangkat dari dalam sungai, warga sekitar yang menolong segera memberikan pertolongan pertama kepada korban. Saat itu warga kemudian mencoba menekan dada korban untuk mengeluarkan air.

Namun setelah mencoba cara tersebut, korban tetap saja tak sadarkan diri. Selanjutnya karena tak kunjung ada respons dari korban, warga pun kemudian segera membopongnya ke rumah korban yang jaraknya memang cukup jauh dengan lokasi kejadian.

"Setibanya di rumah korban saya menelepon pihak ambulans PSC Kota Malang untuk meminta bantuan agar bisa dibawa ke rumah sakit terdekat. Namun saat personel ambulans PSC sampai rumah korban, bapak tadi dinyatakan sudah tidak bernyawa lagi. Akhirnya tidak jadi untuk dibawa ke RS terdekat," jelasnya.

Sementara itu, informasi yang didapat bahwa terpelesetnya korban hingga terjatuh dalam sungai diduga akibat penyakitnya yang kambuh. Diketahui jika selama ini korban memiliki riwayat sesak napas.

Dengan meninggalnya korban, pihak keluarga sendiri menerima dengan adanya kejadian tersebut dan meminta untuk langsung dimakamkan.