Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kesiapan Penyusunan Protokol PSBB, Pemkot Batu Targetkan Pekan Depan

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

04 - May - 2020, 19:49

Placeholder
Salah satu petugas saat menyemprot disinfektan di posko check point dan screening di Pertigaan Pendem. (Foto: istimewa)

Kota Batu tengah bersiap-siap memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Itu menyusul persiapan yang dilakukan Kota Malang maupun Kabupaten Malang.

“Pemkot Batu tengah mempersiapkan penyusunan protokol persiapan PSBB untuk dipresentasikan di hadapan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,” ungkap Juru Bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Ia menambahkan diperkirakan penyusunan itu akan selesai pada pekan depan. Sebab membutuhkan waktu dan proses persiapan data pendukung.

“Kami perlu waktu dan masih memproses data pendukung, sebab masing-masing daerah harus memaparkan kesiapannya di hadapan gubernur,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan kesiapan Pemkot Batu dalam PSBB, ada lima syarat yang sudah disiapkan yakni ketersediaan stok pangan, hasil penilaian dan monitoring dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan stok pangan masih cukup aman untuk 2 bulan ke depan.

Kemudian ketersediaan sarana prasarana kesehatan, yakni 1 rumah sakit rujukan yakni RS Karsa Husada. Lalu 2 rumah sakit pendukung yaitu RS Baptis dan Hasta Brata.

“Serta 3 rumah sakit penegakan diagnosa yaitu RS Etty Asharto, RS Haji, RS Punten serta 5 Puskesmas termasuk menyiapkan shelter tempat isolasi di masing-masing kecamatan dan tempat istirahat petugas medis,” tambah Chori.

Selain itu juga kesiapan anggaran yang disiapkan oleh Pemkot Batu sementara sebesar Rp 102 miliar melalui refocussing dan realokasi anggaran. 

Lalu kesiapan jaring pengaman sosial, sudah disiapkan jaring pengaman bagi 30 ribu kartu keluarga (KK) atau kurang lebih 43,5 persen dari total jumlah KK dengan nilai masing-masing KK sebesar Rp 1 juta untuk 2 bulan.

Hingga kesiapan pengamanan sudah disiapkan tempat dan posko termasuk sebagai check point dan screening pada 4 titik pintu utama masuk Kota Batu. 

Yakni di Pertigaan Pendem, Jl. Trunojoyo (Pintu keluar Songgoriti), Junggo (arah dari Pacet) dan Alun2 Kota Batu (sekaligus meng-cover akses masuk dari Karangploso ke Batu).


Topik

Peristiwa batu berita-batu Penyusunan-Protokol-PSBB Pemkot-Batu Pembatasan-Sosial-Berskala-Besar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya