Pemain Arema FC ketika melakukan latihan (Official Arema FC)
Pemain Arema FC ketika melakukan latihan (Official Arema FC)

Seharusnya Arema FC merencanakan mulai melakukan latihan dua hari lagi atau tepatnya Selasa (5/5/2020). Namun adanya kabar akan ada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan belum usainya kabar tentang Covid-19 di Malang Raya membuat tim pelatih Singo Edan kembali menunda agenda latihan bersama demi keselamatan pemain.

Rindu latihan bersama pasti dirasakan para pemain  sepak bola sejak Covid-19 menjalar di seluruh dunia, karena wabah berbahaya itu bisa menular.

Tak terkecuali Arema FC yang sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk melakukan latihan bersama, meski sebelumnya sudah melakukan latihan secara online.

Latihan online sendiri langsung dipimpin oleh pelatih fisik Marcos Gonzales dan kadang juga dihadiri oleh asisten pelatih Charis Yulianto untuk memantau perkembangan kondisi pemain.

Tapi mengingat kondisi saat ini di Malang Raya yang belum memungkinkan untuk menggelar latihan bersama, tim pelatih Arema FC kembali harus menunda latihan hingga kemungkinan setelah lebaran.

"(Kemungkinan) mundur lagi sampai setelah lebaran, karena (kabarnya) juga ada aturan PSBB itu," ungkap asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto.

Meski sudah menyebut setelah lebaran, tapi Charis Yulianto belum berani menentukan pasti tanggal berapa akan mulai latihan. Legenda stopper Arema ini mengaku masih akan melihat kondisi lebih lanjut mengingat Covid-19 juga belum menujukkan tanda-tanda membaik.

"Masih melihat situasi dulu, jadi kami belum tentukan kapan latihan lagi setelah lebaran," imbuhnya.

Sementara itu, pelatih kepala Arema FC Mario Gomez, duo penyerang asal Argentina Jonathan Bauman dan Elias Alderete juga penyerang asal Papua Mariando terlihat mulai sering melakukan aktivitas bersama. Mulai latihan hingga makan bersama.

Gomez, Bauman dan Alderete tidak pulang ke negara asalnya karena mempertimbangkan keselamatan mereka terkait Covid-19. Untuk Mariando sendiri menjadi penghuni mess terakhir sejak ditinggal rekannya yang sudah pulang ke daerah asalnya masing-masing.

Lalu, dua pemain asing lainnya yakni Matias Malvino sudah berada di Uruguay karena ingin berkumpul dengan keluarganya. Sama halnya dengan Oh In-Kyun yang memilih pulang ke Korea Selatan untuk berkumpul bersama keluarga ditengah pandemi Covid-19.