Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peduli Disabilitas, Walikota Kediri Beri Bantuan dari Si Jamal

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

01 - May - 2020, 16:41

Placeholder
Kaum disabilitas mendapatkan bantuan dari si jamal. (Ist)

Program Jaring Pengaman Sosial (Si Jamal) sangat memberi manfaat karena telah membantu meringankan beban sesama yang kekurangan karena terdampak Covid-19. Karena banyak masyarakat pendapatannya menurun bahkan ada juga yang kehilangan pekerjaannya. 

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan bantuan dari si Jamal kepada para disabilitas Kota Kediri di Kantor Dinas Sosial Kota Kediri, Jumat (1/5/2020).  

Sebanyak 787 paket sembako yang terdiri dari Beras 5 kg, minyak 1 liter dan gula 1 kg dibagikan. Namun tidak semua disabilitas yang datang ke kantor Dinas Sosial, karena tetap menerapkan physical distancing. Sehingga hanya 200 disabilitas dari Kecamatan Pesantren yang datang dan lainnya akan langsung diantar kerumah masing-masing.

Walikota Kediri mengatakan, kegiatan ini untuk membantu orang-orang yang berkebutuhan khusus di Kota Kediri. Sebenarnya bantuan ini bukan hanya dari Si Jamal saja namun juga ada dari beberapa instansi seperti OJK dan PDAM. Ada sebanyak 87 paket dari Si Jamal, 500 paket dari OJK dan 200 paket dari PDAM Kota Kediri. 

“Kita bantu teman-teman disabilitas karena kadang-kadang kita kelupaan, bahwa kita punya warga yang berkebutuhan khusus. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, makanya kita dibantu oleh teman-teman dari Dinsos, dari Si jamal, OJK dan PDAM untuk  salurkan bantuan dan mudah-mudahan bisa membantu dan meringankan beban mereka," terang Wali Kota Kediri.

 Selain itu, dari bantuan Si Jamal sudah banyak yang disalurkan. 

"Prinsipnya dari Si Jamal ini mereka maju duluan karena dia sudah memiliki donatur sejak lama serta juga memiliki sistem yang sangat kuat sekali. Sehingga ketika ada tempat yang kita isolasi itu mereka bisa sampai membelikan sayur, susu, kornet, buah dan lain-lain. Dan ini sangat membantu sekali bagi Pemerintah Kota Kediri. Terima kasih sekali kepada teman-teman Si Jamal,”ujar Wali Kota.

Munawaroh salah satu penyandang disabilitas asal Kelurahan Tosaren mengatakan, sangat berterimakasih kepada program si Jamal Pemerintah Kota Kediri. Karena dampak dari Covid-19 bagi penyandang disabilitas sangat mempengaruhi ekonomi. 

Selain itu pemerintah juga membebaskan bagi kami untuk membuat masker dan yang lain agar ekonomi keluarga tetap berjalan. “Saya sangat berterimakasih sekali atas program Si Jamal ini karena sangat membantu sekali,” ucapnya. 

Setelah penyerahan bantuan, perwakilan disabilitas  memberikan masker karya disabilitas Kota Kediri kepada Walikota Kediri. 

Masker ini didesain oleh para disabilitas dengan memakai bahan tenun dan pada bagian mulut diberikan mika plastik agar para disabilitas bisa melihat mimik bibir saat berbicara.


 


Topik

Peristiwa kediri berita-kediri berita-hari-ini pandemi-covid19 Peduli-Disabilitas Walikota-Kediri Beri-Bantuan-dari-Si-Jamal Program-Jaring-Pengaman-Sosial Masker-karya-disabilitas-Kota-Kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana