Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kota Malang beberapa saat lalu sebelum covid-19 (dokumentasi MakangTIMES)
Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kota Malang beberapa saat lalu sebelum covid-19 (dokumentasi MakangTIMES)

Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kota Malang Tahun Anggaran 2019 mendapat catatan merah dari DPRD Kota Malang. Salah satu yang paling disoroti adalah kondisi perkembangan perekonomian Kota Malang yang dinilai masih bergerak lamban sepanjang 2019.

Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS Ahmad Fuad Rahman menyampaikan, kondisi ekonomi yang lamban itu dapat dilihat dari berbagai sisi. Salah satunya masih belum maksimalnya aksebilitas dan kelancaran aktifitas ekonomi melalui infrastruktur yang memadai.

"Memang harusnya ada upaya meningkatkan infrastruktur pendukung agar aksebilitas dan kelancaran aktifitas ekonomi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Upaya Pemerintah Kota Malang untuk mendorong perekonomian melalui sektor UMKM juga dinilai masih setengah-setengah. Sebab, sejauh ini, pemerataan pembinaan UMKM masih belum berjalan maksimal.

Fuad pun berharap sektor UMKM juga menjadi perhatian lebih dalam proses pembangunan Kota Malang ke depan. Soalnya, selain potensinya sangat tinggi, UMKM sudah teruji mampu bertahan dalam berbagai kondisi dan selalu dapat mendongkrak perekonomian secara nasional.

"Pembinaan saya rasa juga harus dilakukan secara kontinyu agar UMKM unggulan bisa diciptakan dalam setiap pembinaan yang dilakukan," terangnya.

Dia pun mendorong Pemerintah Kota Malang untuk menambah jumlah UMKM unggulan sepanjang 2020. Sehingga, persaingan ketat di industri kecil menengah, baik skala nasional maupun internasional juga bisa dirasakan lebih banyak lagi oleh pelaku UMKM. "Harusnya bisa mencetak seribu UMKM unggulan sepanjang 2020 ini," tegas Fuad.

Bukan hanya itu. Dia pun menyoroti perekonomian kerakyatan yang selama ini juga banyak mendapat aduan. Terutama terkait keberadaan pasar rakyat terbesar di Kota Malang yang sampai saat ini masih belum juga selesai direvitalisasi.

Catatan merah untuk pasar rakyat yang diberikan sepanjang 2019 itu dia harap tak diulangi Pemerintah Kota Malang sepanjang 2020 ini. Sehingga Fuad menekankan agar pembangunan pasar rakyat yang belum juga dilaksanakan untuk direalisasikan dalam waktu dekat.

"Masih banyak pasar yang belum berfungsi secara maksimal. Tolong segera menuntaskan pembangunan Pasar Blimbing, Pasar Gadang, Pasar Besar dan pasar pasar lain," imbuhnya.

Di sisi lain, Fuad mendorong agar ada peningkatan investasi di Kota Malang. Potensi yang mungkin untuk digali pun diharapkan agar bisa segera dipetakan secara maksimal untuk bisa direalisasikan.