Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Cuaca Buruk, 3 Pemancing Terjebak di Pulau Rowo Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - Apr - 2020, 13:37

Placeholder
Petugas mengevakuasi 3 pemancing dari Pulau Rowo Pantai Peh Pulo.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Sebanyak tiga pemancing dikabarkan terjebak di Pulau Rowo, Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Ketiga pemancing tersebut berhasil dievakuasi Basarnas dalam kondisi selamat pada Jumat (24/4/2020) setelah terjebak selama hampir 3 hari.

Data yang dihimpun dari Kepolisian Resort Blitar menyebutkan, tiga orang tersebut yakni Andi Setyawan (25), Dadang Kurniawan (26) dan Ismanto (40). Ketiganya merupakan warga Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Kasubbag Humas Polres Blitar, Kompol Misdi mengatakan ketiga korban memancing di Pulau Rowo pada Rabu (22/4/2020). Sebelum masuk ke Pulau Rowo Gebang untuk ombak dan angin tidak terlalu besar sehingga dengan cara menyeberang masih memungkinkan. Kondisi berbeda terjadi esok harinya, saat hendak pulang terjadi ombak dan angin besar sehingga mereka tidak bisa menyeberang menuju daratan.

“Dengan adanya kejadian tersebut akhirnya Ismanto nekat menyeberang dan selamat. Dia kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Selama petugas belum datang melakukan evakuasi, Ismanto mengirimkan makanan kepada kedua temanya dengan tali, sehingga kedua temanya dalam kondisi baik,” terang Misdi.

Polisi yang menerima laporan berkoordinasi dengan Basarnas Trenggalek. Sesampai di TKP, Basarnas melakukan evakuasi melalui jalur laut via Pantai Serang dan pemantauan via jalur darat.

“Petugas dari Basarnas dibantu TNI-Polri bergerak menuju TKP dan korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat,” terang Misdi.

Selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga, didampingi  Kades Balerejo dan Kapolsek Panggungrejo. “Karena sering terjadi cuaca buruk dan dalam masa pandemi Covid-19, kepolisian telah berkoordinasi dengan pengelola wisata Pantai Peh Pulo untuk melarang aktivitas mancing di pantai ini demi keselamatan masyarakat,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa blitar berita-blitar Berita-hari-ini Evakuasi-pemancing 3-Pemancing-Terjebak-di-Pulau-Rowo-Blitar Basarnas-Trenggalek Kasubbag-Humas-Polres-Blitar Kompol-Misdi Kapolsek-Panggungrejo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni