Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (Igoy)
Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (Igoy)

Pandemi Covid 19  membuat sejumlah aktivitas baik pemerintahan ataupun yang lainnya mandek total. Tak terkecuali untuk melakukan perayaan hari bumi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang pun tidak menggelar acara seremonial dalam rangka peringatan Hari Bumi tahun 2020. Namun secara subtansi kegiatan untuk membuat bumi tetap sehat terus dilakukan meski di tengah pandemi Covid 19.

Kepala DLH Kota Malang, Rinawati mengatakan bahwa pada perayaan hari bumi 2020 ini pihaknya mematuhi peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat yakni tidak berkumpul.

Namun tambah Rinawati, pihaknya tetap melakukan tugas yang menjadi kewajiban untuk melestarikan bumi. "Event tidak ada, karena memang regulasi melarang sementara perkumpulan, tapi secara subtansi kita tetap laksanakan tugas-tugas yang memang sudah menjadi kewajiban kami seperti persampahan dan ruang terbuka hijau," kata Rinawati.

"Kedua aspek tersebut adalah bagian dari bumi. Artinya sampah itu bagian dari emisi gas rumah kaca, ruang terbuka hijau juga bagian dari emisi gas rumah kaca," imbuhnya.

Di hari bumi 2020 ini Rinawati berharap dukungan dari masyarakat Kota Malang untuk sama-sama menjaga bumi mulai dari wilayahnya masing-masing. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat juga mendapat manfaat dari bumi yang setiap hari dirasakan.

"Ya mudah-mudahan dengan kami maksimalkan melaksanakan tugas ini secara subtansi bisa membantu minimal di Kota Malang dan utamanya untuk bumi," pungkasnya.