Moh Thoha Ma'ruf
Moh Thoha Ma'ruf

Peringatan hari bumi sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April, menjadi momentum masyarakat dunia untuk menghargai kelestarian lingkungan di bumi.

Ajakan tersebut disampaikan mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Mohamad Thoha Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, hari bumi perlu disosialisasikan agar masyarakat dan generasi muda menghargai para aktivis lingkungan dan melestarikan kebersihan.

"Bumi merupakan tempat tinggal makhluk hidup tidak hanya manusia, melainkan ada hewan dan tumbuhan. Sudah seharusnya manusia sebagai makhluk yang berakal terus menjaga ekosistem yang ada dengan cara tidak merusaknya,” ungkap Thoha Ma’ruf kepada BLITARTIMES, Rabu (22/4/2020).

Dikatakannya, meski dalam suasana Pandemi Covid-19, sudah selayaknya masyarakat Indonesia ikut menjaga dan merawat lingkungan dimulai dari hal paling kecil yakni perang lawan sampah.

“Hari bumi bukan hanya untuk sekadar diketahui, bukan hanya kegiatan seremonial, apalagi kegiatan sebar spanduk. Tetapi lebih dari itu. Harus ada aksi nyata untuk menjaga kelestarian bumi," ujar peserta magang di Thaksina Business Technological College selama dua bulan ini.

Thoha juga melanjutkan, melestarikan lingkungan hidup bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.

"Melakukan reboisasi, serta menghemat penggunaan energi,” tegas Thoha, salah satu peserta Student Exchange Unisba-Thailand dari Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian.