Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

4 ODP di Kabupaten Blitar Meninggal, Satu Diantaranya Wanita Baru Melahirkan

Penulis : Malik Naharul - Editor : Dede Nana

22 - Apr - 2020, 20:12

Placeholder
Krisna Yekti, Jubir Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kab Blitar

Sebanyak 4 Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Blitar, dinyatakan meninggal dunia. Bahkan satu ODP yang meninggal tersebut merupakan ibu-ibu yang baru melahirkan.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti menjelaskan, data 4 orang ODP yang meninggal itu yang pertama adalah wanita 56 tahun asal Kecamatan Ponggok meninggal 3 April 2020 lalu. Dimana wanita setengah abad ini meninggal dengan penyakit penyerta diabetes.

Kedua, wanita 65 tahun asal Kecamatan Wonodadi meninggal 7 April dengan penyakit penyerta diabetes. Ketiga, pria 29 tahun asal Kecamatan Selopuro meninggal 9 April lalu dengan penyakit penyerta jantung reumatik. Dan keempat, wanita 39 tahun asal Kecamatan Wonotirto.

Empat ODP yang meninggal itu semua dengan komorbid atau penyakit penyerta. Sementara wanita yang meninggal setelah melahirkan itu masuk ODP karena ada gejala klinis, lalu dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Namun setelah melahirkan nyawanya tak tertolong.

“ODP yang  melahirkan ini baru saja kembali dari Halmahera, Maluku Utara. Dia masuk ke salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Blitar 17 April lalu. Dia lalu melahirkan melalui operasi caesar," ujar Krisna Yekti.

Lanjutnya, setelah proses operasi bayi lahir dengan selamat, namun kondisi ibu menurun dan mengalami sesak nafas. Karena kondisi itu, pada  19 April pasien dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo, namun nyawanya tak bisa diselamatkan.

Meski mengalami sesak nafas namun hasil rapid test pasien tersebut negativ Covid-19.

"Setelah dilakukan observasi maupun pemeriksaan medis ODP ternyata mengalami pre-eklampsia atau kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine. Sehingga gejala sesak nafas yang sempat dikeluhkan merupakan gejala dari pre eklampsia," paparnya.

Selain ibu yang baru melahirkan ini, tiga ODP lain hasil rapid testnya juga menunjukkan negativ Covid-19. Sehingga mereka dimakamkan tidak menggunakan protap penanganan Corona.


Topik

Peristiwa blitar berita-blitar ODP-di-Kabupaten-Blitar-Meninggal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Malik Naharul

Editor

Dede Nana