Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat membuka Musrenbang tingkat kabupaten di ruang command centre. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat membuka Musrenbang tingkat kabupaten di ruang command centre. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Bupati Jombang Mundjidah Wahab membuka Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) di tingkat kabupaten. 

Musrenbang dilaksanakan dengan melalui video telekonferensi, sebagai bentuk penerapan physical distancing di tengah badai Covid-19. 

Pelaksanaan Musrenbang di tingkat kabupaten ini, dibuka langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab pada awal April lalu. 

Musrenbang kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peserta Musrenbang tidak dikumpulkan jadi satu ruangan, melainkan dipisahkan di beberapa ruangan.

Empat ruangan yang menjadi lokasi Musrenbang ini adalah ruang Command Center yang ditempati oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah, serta Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi. 

Sedangkan para pimpinan OPD Pemkab Jombang berada di ruang Soeroadiningrat, Media Centre dan aula Bung Tomo. Sedangkan, seluruh Camat juga mengikuti Musrenbang di masing-masing kantor kecamatan.

Mereka saling terhubung melalui video telekonferensi yang telah disiapkan untuk Musrenbang. 

Meskipun tidak jadi satu ruangan, pelaksanaan Musrenbang tersebut berjalan baik dan sukses.

Mundjidah mengatakan, Musrenbang dengan video telekonferensi ini baru pertama kali dilakukan oleh Pemkab Jombang. 

Karena sedang terjadi pandemi Covid-19, pelaksanaan Musrenbang dengan video telekonferensi menjadi satu-satunya solusi untuk tetap mentaati physical distancing di tengah badai Covid-19.

"Musrenbang ini sebelumnya sudah diawali di tingkat desa dan kecamatan. Meskipun di tengah wabah Covid-19, Musrenbang ini tetap harus dilakukan," terangnya.

Dijelaskan Mundjidah, Musrenbang tahun 2020 ini dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di tahub 2021. Ada sejumlah rencana pembangunan yang akan menjadi prioritas di tahun depan.

Seperti pencanangan mall pelayanan publik, smart city dan Bulaga (Bupati Melayani Warga). Selain itu, peningkatan SDM, infrastruktur dan penanggulangan kemiskinan juga jadi prioritas di dalam RKPD 2021 tersebut.

"Semoga program yang sudah kita rumuskan ini berjalan lancar. Setelah ini ada musrenbang di tingkat provinsi dan nasional, semoga semuanya berjalan lancar," kata Mundjidah.(*)