Pengepakan masker kain yang diproduksi Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Asmualik yang siap untuk disebarkan me masyarakat. (Foto: Dokumentasi Fraksi PKS DPRD Kota Malang).
Pengepakan masker kain yang diproduksi Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Asmualik yang siap untuk disebarkan me masyarakat. (Foto: Dokumentasi Fraksi PKS DPRD Kota Malang).

Kepedulian akan dampak dari wabah pandemi Covid-19 ditunjukkan oleh semua pihak. Kali ini, Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Asmualik ikut berpartisipasi dengan memproduksi ribuan masker kain.

Ya, masker saat ini menjadi barang yang cukup banyak dicari oleh masyarakat. Pemakaian masker juga dianjurkan baik bagi yang sakit maupun yang tidak sakit untuk mencegah penyebaran penularan Covid-19.

Sayangnya, kebutuhan masker ini cukup langka. Hal ini yang mebuat Asmualik berinisiatif untuk memproduksi masker kain dalam jumlah yang banyak.

"Masker ini kan paling nggak untuk menghambat penularan Covid-19, dan semua orang harus pakai. Sedangkan sampai saat ini kebutuhan masker masih tinggi. Akhirnya kita coba untuk sebagian dari tenaga kita, untuk produksi masker kain untuk memenuhi kebutuhan itu," terangnya kepada MalangTIMES.

Dalam pembuatannya, ia pun ikut terlibat. Seperti saat pemotongan kain. Hal itu untuk mempercepat proses produkai dari masker kain sendiri agar bias segera didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Di masa pandemi Covid-19 ini, paling tidak sebanyak 5000 masker ditargetkan untuk bisa disebarkan. Nantinya, penyaluran masker ini akan dilakukan bersama dengan semua anggota dari Fraksi PKS DPRD Kota Malang di beberapa titik posko relawan Covid-19.

"Insya Alloh saya upayakan bisa menyebar 5000 masker gratis di masa pandemi. Kita sebarkan bertahap, kemarin kita sudah sebar di beberapa posko ada yang 500, ada yang seribu. Kita sesuikan dengan keterlibatan banyak orang. Kan sekarang juga sudah ada masyarakat yang gotong royong untuk bergerak dalam mengatasi Covid-19 ini, lha ini yang kita lihat dan kita jadikan bidikan untuk penyebaran dari masker ini," jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang ini mengaku, memang memiliki usaha di bidang konveksi. Beberapa pembuatan seragam sekolah sering ikut membantu untuk pengerjaannya.

Nah, di momen kemunculan Covid-19 inilah ia ingin ikut berbagi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan membuat masker. Bahkan, ada juga masker yang secara khusus dibuat dengan kain warna merah putih.

Menurut dia, hal ini sebagai penggambaran bahwa pandemi Covid-19 bukan hanya di Kota Malang tetapi juga nasional. Dengan harapan, masyarakat bisa lebih aware dengan kesehatan dan mau menggunakan bahkan secara mandiri bisa membuat masker kain tersebut.

"Momen ini ingin lebih berbagi untuk itu. Kan kita punya kemampuan, ya kita alihkan sebagian ke produksi masker yang bisa di situ kita cobakan untuk terlibat bersama masyarakat dalam penanganan Covid-19 ini dengan memperbanyak masker yang bisa digunakan oleh masyarakat," tandasnya.