Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tiga Hari 131 Warga Kota Terjangkiti Covid-19, Ditunggu Langkah Konkrit Wali Kota Risma

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

14 - Apr - 2020, 21:42

Placeholder
Peta terbaru titik kerawanan penyebaran Covid-19 di Jatim

Pelonjakan kasus Covid-19 selama tiga hari terakhir di Surabaya cukup signifikan. Terbanyak pada Minggu (12/4) ada 83 orang diumumkan positif Covid-19.

Kemudian pada Senin (13/4) kembali bertambah 28 orang. Dan Selasa (14/4) bertambah 20 orang. Sehingga dalam tiga hari terakhir ada 131 orang baru yang terkena Covid-19.

Sebelumnya Surabaya memang tertinggi dibanding daerah lainnya di Jawa Timur. Sehingga total sudah ada 228 orang yang dinyatakan terjangkiti penyakit Covid-19.

Sebelumnya pihak Pemkot Surabaya sudah memiliki rencana untuk melakukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan angka Covid-19. Namun, karena belum ada koordinasi yang jelas terutama dengan Pemprov Jatim, rencana PSBB batal diterapkan.

Pemprov Jatim sendiri akhirnya masih menunggu usulan PSBB dari Pemkot Surabaya tersebut. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memerintahkan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjanto untuk berkoordinasi dengan Sekkota Surabaya Hendro Gunawan.

Ditanya terkait rencana PSBB Kota Surabaya Khofifah menjelaskan jika PSBB adalah angka dari yang sudah terkonfirmasi positif. "Angkanya kita melihat kalau Surabaya sudah mencapai 228," ujarnya dalam sesi konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Selasa (14/4).

Khofifah menjelaskan pihaknya sedang meminta untuk mendapatkan detail plan langkah pencegahan dan penghentian Covid-19 ini secara terukur. "Jadi kita menunggu langkah terukur dari Surabaya Raya," terangnya.

Surabaya Raya yang dia maksud tak hanya Kota Surabaya saja. Tapi juga daerah lain seperti Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan yang terdapat puluhan pasien Covid-19.

"Saya mendengar tadi mereka juga melakukan konsolidasi. Diantara anggota gugus tugas untuk bisa melihat angka yang signifikan," lanjut Khofifah.

Khofifah pun berpesan bahwa langkah yang terukur bisa memberikan pencegahan dan penghentian penularan Covid-19. "Kita tunggu, mudah-mudahan hari ini atau besok sudah dapat update," bebernya.

Menurut Khofifah masing-masing dari empat daerah tersebut sudah melakukan rapat koordinasi tekhnis. "Jadi yang kita minta adalah langkah-langkah penghentian, pencegahan Covid-19 secara terukur dan signifikan," imbuhnya.

Satu hari sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menggelar audiensi dengan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugraha di Dapur Umum, Halaman Taman Surya, Senin (13/4/2020). Pada pertemuan tersebut Wali Kota Risma membahas terkait peningkatan upaya pencegahan mata rantai Covid-19, mengingat berkembangnya jumlah pasien yang positif.

Dalam audiensi itu, Wali Kota Risma didampingi oleh Koordinator Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita dan Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser. 

Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser mengatakan saat ini Kapolrestabes Surabaya Sandi Nugraha, datang untuk memberikan dukungan kepada Wali Kota Risma. Selain itu juga diskusi terkait berkembangnya jumlah data yang terkonfirmasi. 

“Bu Risma dan Pak Sandi diskusi banyak. Salah satunya jumlah yang terkonfirmasi apakah mereka dari orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dengan pengawasan (PDP). Atau data dari luar, yang kemudian test swabnya di Rumah Sakit Surabaya dari luar masuk terus jadi seperti itu,” kata Fikser seusai audiensi. 


Topik

Peristiwa surabaya berita-surabaya berita-hari-ini covid19-di-indonesia upaya-pencegahan-covid19 Walikota-Surabaya Tri-Rismaharini Langkah-Konkrit-Wali-Kota Penerapan-PSBB Pemkot-Surabaya Kapolrestabes-Surabaya Kombes-Pol-Sandi-Nugraha



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya