Fraksi PKS DPRD Kota Malang saat menyalurkan bantuan APD di salah satu rumah sakit di Kota Malang. (Foto: Dokumentasi Fraksi PKS).
Fraksi PKS DPRD Kota Malang saat menyalurkan bantuan APD di salah satu rumah sakit di Kota Malang. (Foto: Dokumentasi Fraksi PKS).

Situasi masa kedaruratan Covid-19 hingga kini menjadi hal yang masih memprihatinkan. Jumlah kasus pasien yang terus bertambah menjadikan semua pihak ikut merasakan kepedulian.

Di Kota Malang, data kasus Covid-19 per tanggal 13 April 2020 tercatat ada 8 pasien positif. Empat di antaranya dinyatakan sembuh, sementara empat lainnya masih dalam perawatan isolasi. Jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 460. Dan total ada 77 pasien dalam pengawasan (PDP).

Sejumlah sarana prasarana kesehatan bagi petugas medis hingga kini menjadi salah satu yang paling banyak dibutuhkan. Karenanya, kepedulian akan hal tersebut ditunjukkan oleh Fraksi PKS DPRD Kota Malang bersama DPD PKS Kota Malang.

Mereka ikut menggelar aksi sosial dengan membagikan ratusan APD (Alat Pelindung Diri) kepada beberapa rumah sakit dan ribuan masker bagi masyarakat umum.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono menyatakan bantuan APD yang disalurkan kepada petugas medis sebagai wujud kepedulian mereka atas tugas para garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19 di Kota Malang.



"Kami enam anggota dewan Fraksi PKS DPRD Kota Malang bersama struktur DPD PKS Kota Malang menyalurkan APD ke berbagai 
Rumah Sakit yang ada di Kota Malang. Ini adalah wujud kepedulian, tanggungjawab dan rasa terima kasih kami kepada tenaga kesehatan karena telah menjadi garda terdepan dalam melawan virus corona (Covid - 19) selama ini," ujarnya, Selasa (14/4).

Beberapa titik yang disasar untuk penerima bantuan tersebut, di antaranya untuk Relawan Gerakan Tanggap Bencana (Genta) DPD PKS Kota Malang sejumlah 25 buah APD. Kemudian, di Rumah Sakit Unisma Dinoyo sejumlah 50 buah APD, Rumah Sakit Aisiyah Sukun sebanyak 50 buah APD.

Selanjutnya, di posko Relawan Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC) di kawasan Klojen sebanyak 50 buah APD dan 1000 masker merah putih, dan juga di posko relawan kawasan Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

"Bantuan APD yang dibagikan ke beberapa titik tersebut totalnya ada 190 hazmat suit dan 1.000 masker merah putih yang dibagikan secara gratis ke lima titik yang sudah ditentukan," jelasnya.



Tak lupa, apresiasi bagi para petugas medis juga ditunjukkan oleh Fraksi PKS. Mereka secara khusus memberikan bunga sebagai bentuk penghormatan bagi seluruh tenaga medis khususnya di Kota Malang yang sudah berjuang dalam melayani dan menangani pasien Covid-19 di garda terdepan.

"Kami berikan bunga sebagai bentuk ucapan terima kasih dan dukungan kepada tenaga medis yang telah bekerja keras di garda terdepan penanganan wabah Covid-19," terangnya.

Lebih lanjut, Fraksi PKS juga mengapresiasi kerja keras Pemkot Malang dalam menangani Covid-19. Namun, pihaknya juga mendorong agar pemerintah bergerak sigap dan cepat dalam menjaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak.

"Anggaran yang sudah digeser dan disisihkan perlu dirinci penggunannya dan harus dilaporkan dengan detail, transparan, akuntabel dan berkala kepada DPRD dan masyarakat. Selain itu, dana jaring pengaman sosial (JPS) yang akan diberikan Pemkot Malang harus tepat sasaran, transparan, dan bisa meng-cover 20 sampai 30 persen masyarakat yang terdampak dari 300 ribu KK warga yang ada di Kota Malang," tandasnya.