Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS, Ahmad Fuad Rahman, SE (tengah) saat mengunjungi warga terdampak covid-19 (Istimewa).
Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS, Ahmad Fuad Rahman, SE (tengah) saat mengunjungi warga terdampak covid-19 (Istimewa).

DPRD Kota Malang mendorong Pemkot Malang segera menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak covid-19. Bantuan itu diharapkan bisa disalurkan di luar tanggungan bantuan sosial sebesar Rp 300 ribu yang selama ini sudah direncanakan pemerintah.

Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS Ahmad Fuad Rahman menyampaikan, masyarakat terdampak covid-19 bukan hanya masyarakat miskin yang selama ini sudah tercatat dalam pendataan pemerintah. Para pengusaha cilik serta pekerja harian juga pendapatannya menjadi sangat turun.

"Saya beberapa kali turun ke masyarakat. Terakhir, masyarakat meminta agar bantuan yang diberikan itu merata," katanya.

Fuad menyebut, data penerima bantuan bagi masyarakat terdampak covid-19 selama ini masih belum merata. Bahkan terbilang masih sedikit dan ada banyak yang belum terdata dalam program jaring sosial. Sehingga dia juga meminta agar pemerintah melakukan pendataan lebih cepat.

Fuad juga menegaskan bahwa masyarakat yang ia datangi selama ini tak menuntut untuk mendapat bantuan uang. Melainkan meminta agar bantuan diberikan dalam bentuk sembako seperti beras, minyak, hingga gula karena merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

"Masyarakat yang saya datangi itu sangat berharap mendapatkan bantuan sembako dan itu diharapkan bisa diberikan secara merata," terang Fuad.

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang itu juga menyampaikan, covid-19 telah berdampak bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Sehingga dia mendorong agar pemerintah melakukan pendataan secara lebih konkret kepada masyarakat menengah ke bawah di Kota Malang.

Lebih jauh Fuad menyampaikan, sejauh ini tak sedikit masyarakat berpenghasilan menengah ke atas yang bahu-membahu membantu masyarakat terdampak covid-19. Sebagian besar dari mereka memberikan bantuan kepada tetangganya.

Sehingga Fuad berharap pemerintah dapat menggandeng serta para pengusaha untuk dapat terlibat menyalurkan bantuan sembako. Sebab, saat ini, kebutuhan utama dari masyarakat adalah sembako untuk sehari-hari.

"Saya berharap Pak Wali (Wali Kota Malang, Sutiaji) dapat menjadi pemimpin yang baik dan memastikan masyarakat yang membutuhkan mendapatkan bantuan secara merata," pungkasnya.