Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati dan Plt Wali Kota Blitar Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Apr - 2020, 18:12

Placeholder
Bupati Blitar Rijanto dan Plt Wali Kota Blitar Santoso (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

Kepala daerah di Blitar Raya kompak menyumbangkan gaji mereka selama pandemi Covid-19. Mereka yang menumbang gaji yakni Bupati Blitar Rijanto dan Plt Wali Kota Blitar Santoso.

Santoso menyumbangkan gajinya untuk dibelikan sembako dan dibagikan pada warga terdampak ekonominya yang belum tersentuh program bantuan dari pemerintah.
Hal ini dilakukan mantan Sekda Kota Blitar itu juga untuk menyentuh rasa kemanusiaan orang lain termasuk para ASN di lingkup Pemkot Blitar agar ikut membantu dengan menyisihkan pendapatan mereka.

"Kami melakukan berbagai upaya baik secara kedinasan maupun pribadi. Pemkot sejauh ini sudah menyiapkan batuan berupa paket sembako, untuk sekitar 13.920 orang yang terdampak ekonominya seperti buruh pekerja harian, tukang becak, pedagang keliling dan PKL. Namun masih banyak yang lain yang ternyata belum tercover bantuan, untuk itu perlu ada upaya lain termasuk menyumbangkan gaji sampai Kota Blitar bebas dari Covid-19," terangnya.

Sementara di Kabupaten Blitar Bupati Rijanto juga melakukan hal yang sama. Dia menyumbangkan gajinya selama pandemi Covid-19 terjadi di Kabupaten Blitar. Bedanya, gaji bupati  digunakan untuk membeli produk-produk UKM lokal Kabupaten Blitar. Produk itu kemudian dibagikan kembali untuk warga yang membutuhkan.

"Saya sumbangkan untuk membeli produk UKM kemudian akan langsung diberikan kepada masyarakat yang terdampak dan membutuhkan," ujar Rijanto.

Rijanto mengatakan, upaya ini selain untuk membantu masyarakat yang terdampak membutuhkan juga untuk tetap menghidupkan UKM lokal di Kabupaten Blitar. Selain menyumbangkan gajinya, Rijanto juga menerbitkan Surat Bupati Blitar No . 518/223/409.110.4/2020 tertanggal 2 April 2020, yang ditujukan kepada seluruh Kepala OPD, Camat dan Instansi Lain di Lingkungan Pemkab Blitar. 

Isinya untuk mengurangi dampak ekonomi selama wabah Covid-19 dan menggalakkan Program Ayo Bela dan Beli Produk Blitar Bupati Rijanto memerintahkan semua ASN di seluruh OPD dan Instansi untuk membeli produk yang dihasilkan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar.

"Kami juga mengajak para ASN di lingkup Pemkab Blitar untuk ikut mengulurkan tangan. Caranya adalah dengan membeli produk UKM lokal," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan blitar berita-blitar Bupati-Blitar Plt-Wali-Kota-Blitar Pandemi-Covid-19 Covid-19 Corona



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni