Petugas saat berada di kawasan physical distancing Jalan Sultan Agung. (Foto: istimewa)
Petugas saat berada di kawasan physical distancing Jalan Sultan Agung. (Foto: istimewa)

Physical distancing atau jarak fisik sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 lebih luas sudah berlangsung selama dua pekan di Kota Batu. Tak hanya begitu saja, physical distancing itu masih berlangsung sampai dengan bulan Mei 2020.

“Kegiatan ini masih akan berlangsung sampai dengan bulan Mei 2020 mendatang,” kata Juru Bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Penerapan physical distancing masih akan berlangsung pukul 09.00-13.00 kemudian dilanjutkan  pada 18.00-22.00. Pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Kawasan physical distancing berada di seputar Jalan Sultan Agung, Alun-Alun Kota Batu, juga di 3 tempat perumahan. Yakni Perumahan Grand Mutiara di Kecamatan Junrejo.

Lalu di Kawasan Perumahan Kusuma Pesanggrahan Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, dan Kawasan Perumahan Kusuma Hill Kecamatan Batu. Selain itu juga dilakukan di masing-masing desa.

Ya setiap masyarakat yang akan masuk ke desa-desa di Kota Batu akan diminta keterangan tujuan masuk ke desa tersebut. Kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan.

Namun jika terdapat pengendara yang tidak memiliki tujuan ke desa tersebut diminta untuk tetap mengambil jalur utama. Sedangkan di jalur utama terdapat posko kesehatan di pertigaan Pendem.

Saat yang akan masuk ke Kota Batu akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan, mulai dari suhu tubuh, dan sebagainya. “Supaya penyebaran dapat diminimalisir ditekan, dan digelar hingga situasi kembali kondusif,” tutupnya.