Bupati Blitar Rijanto pastikan pemkab akan menyalurkan bantuan paket sembako di tengah pandemi covid-19.
Bupati Blitar Rijanto pastikan pemkab akan menyalurkan bantuan paket sembako di tengah pandemi covid-19.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melucurkan kebijakan ekonomi untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan wabah virus corona (covid-19). Program strategis ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang ekonominya rentan akibat pandemi covid-19.

Rencananya pemkab akan menyalurkan 57.571 paket sembako kepada masyarakat. Program ini sebagai perwujudan social savety net (jaring pengaman sosial) yang dicanangkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Pembagian paket sembako ini hari ini kami rapatkan dan segera kami eksekusi. Program ini untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19,” ungkap Bupati Blitar Rijanto kepada awak media, usai rapat staf membahas pelaksanaan bantuan sosial akibat covid-19 di ruang perdana Kantor Sekretariat Pemkab Blitar Lama, Kamis (9/4/2020).

Dikatakan bupati, pembagian paket sembako itu akan diberikan selama tiga bulan. Sasarannya masyarakat yang tidak menerima bantuan non-tunai atau PKH. Penyaluran bantuan ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada pemerintah daerah untuk membantu warga terdampak covid-19 akibat pembatasan aktivitas warga.

Pemkab Blitar melalui dinas terkait sudah melaksanakan pendataan. Bantuan yang disalurkan bersumber dari pergeseran APBD Kabupaten Blitar.

“Jumlah yang menerima bantuan tidak sedikit. Mereka termasuk pedagang kaki lima dan lainnya itu ada sekitar 57 ribu lebih. Nanti akan kami alokasikan dana lewat penyisiran penggeseran APBD,” papar orang nomor satu di Kabupaten Blitar.

Lebih dalam, bupati menyampaikan, bantuan yang diberikan meliputi uang Rp 200 ribu per KK selama tiga bulan. Bantuan ini diwujudkan dalam paket sembako beras 10 kilogram, telur 1 kilogram, kue dan sambel pecel. Bantuan ini sekaligus untuk membangkitkan perekonomian usaha mikro kecil dan  menengah (UMKM) di Kabupaten Blitar.

“Produk sembako itu kami belanjakan kepada UMKM yang juga terdampak covid-19. Ini juga selaras dengan visi-misi kita Ayo Bela dan Beli Produk Blitar,” tandas bupati yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat itu.(Adv/Kmf)