Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah salah satu warga (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah salah satu warga (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)

Bencana alam kembali merusak tempat ibadah di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Setelah sebelumnya Masjid Sabil Ikrom yang berlokasi di Dusun Magersari, Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang roboh akibat tersambar petir pada pertengahan  Maret 2020 lalu.

Kali ini, giliran masjid dan musala di Dusun Boro, Desa/Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang yang rusak akibat diterjang angin kencang, Senin (6/4/2020).

”Selain merusak fasilitas umum dan menumbangkan pohon, musibah angin kencang juga merusak ratusan rumah warga,” kata Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo.

Dijelskan Utomo, hingga saat ini jumlah pemukiman warga yang terdampak angin kencang tercatat ada 121 rumah. Dimana 115 rumah warga diantaranya mengalami kerusakan ringan, sedangkan 6 rumah lainnya mengalami rusak berat.

”Untuk fasilitas umum yang rusak ada 5 bangunan, yaitu dua tempat ibadah, satu bangunan sekolahan, panti asuhan, dan pondok pesantren,” ungkap Utomo.

Berdasarkan data yang terhimpun, bangunan sekolah yang rusak tersebut adalah MI Roudlotul Jannah. Kemudian untuk tempat ibadah yang roboh akibat diterjang angin kencang, merupakan bangunan Masjid Baitul Muttaqin dan Mushola Al Ikhlas.

Terakhir, dua bangunan fasilitas umum yang juga terdampak akibat bencana alam tersebut adalah bangunan Panti Asuhan Al Irsyad dan Pesantren Al Hidayah. 

”Petugas masih melakukan pendataan di lokasi kejadian, untuk sementara kerugian ditaksir mencapai Rp 63 juta,” terang Utomo.

Diperoleh keterangan, sejak siang hari sebelum musibah terjadi, di wilayah Kecamatan Jabung memang terjadi hujan deras. Menjelang sore, tepatnya sekitar pukul 14.45 WIB hujan dengan intensitas tinggi itu memicu terjadinya angin kencang.

”Akibat diterjang angin kencang tersebut, beberapa pohon tumbang dan atap bangunan rumah warga serta fasilitas umum berterbangan. Beberapa pohon yang tumbang juga ada yang menimpa tumah warga,” terang Utomo.

Mengetahui adanya bencana angin kencang di Dusun Boro, Desa/Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Petugas gabungan dari Muspika Kecamatan Jabung, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), PMI Kabupaten Malang, tagana, serta beberapa relawan langsung dikerahkan ke lokasi kejadian.

”Sampai saat ini petugas gabungan masih melakukan assesment dan mengevakuasi pohon serta bangunan yang terdampak bencana angin kencang. Terpantau sejauh ini aman, tidak ada korban jiwa. Kabar selanjutnya menyusul,” tutup Utomo kepada media online ini.