Bupati dan Wabup Lumajang ketika memberangkatkan beras melalui program Ngramut Tonggo (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati dan Wabup Lumajang ketika memberangkatkan beras melalui program Ngramut Tonggo (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Selain mengecek persiapan tempat karantina bagi para pemudian, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq bersama Wabup Ir. Indah Amperawati, pada hari ini, Senin (6/4) juga melaunching program Ngramut Tonggo.

Program ini dimaksudkan untuk menggugah kepedulian masyarakat Lumajang untuk berbagai sedekah beras kepada tetangga sekitar yang terkena dampak corona, yang penghasilannya karena adanya pembatasan kelaur rumah dan liburnya sekolah.

"Banyak yang kena dampak selama proses pencegahan corona ini. Penjual cilok, warung-warung kecil, pedagang kali lima, tukang pijat dan sejumlah masyarakat lainnya. Kita buat program Ngramut Tonggo, ayo bantu tetangga kanan kiri kita," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika launching program ini.

Pada launching hari ini, di posko penampungan sumbangan yang dipusatkan di GOR Wirabhakti Lumajang, sudah terkumpul 23,29 ton beras yang berasal dari sumbangan sejumlah pihak.

"Saya sampaikan terima kasih kepada PT. Mustikatama yang sudah menyumbang 10 ton beras, dari Apindo 5 ton beras, Badan Kerjasama Antar Gereja (PKSAG) Lumajang 2 ton beras dan dari Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur 4,5 kwintal beras," Bupati Lumajang menguraikan jumlah sumbangan yang masuk.

Selain dari sejumlah lembaga itu, juga ada perorangan yang juga mengirimkan sumbangannya ke posko di posko dalam bentuk beras dan sembako."Ada juga yang menyumbang, tapi tidak mau disebutkan namanya," jelas Bupati Lumajang.

Dijelaskan pula, sumbangan dalam bentuk beras ini nantinya akan dikirim langsung oleh petugas relawan kebencanaan di Lumajang yang siap mengantar beras menuju alamat masing-masing.

Usai melalukan launcing program ngramut tonggo ini, Bupati dan Wabup, Kapolres dan Dandim 0821 Lumajang langsung memberangkatkan tiga armada pengirim beras menuju alamat penerima. Masing-masing kemasan beras beris 5 kilogram untuk satu keluarga.