Ilistrasi. (Foto: Istimewa)
Ilistrasi. (Foto: Istimewa)

Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Malang masih buka Meski di tengah pandemi Covid-19, salah satunya adalah Pasar Besar. Namun, jumlah transaksi dan pengunjung mengalami penurunan yang sangat signifikan. 

namun hal itu rupanya tidak dilakukan oleh pedagang di area Pasar Besar Kota Malang.

Seperti yang terlihat dari video singkat yang tersebar melalui pesan whatsapp. Beberapa penjual di area pasar masih tetap membuka lapaknya. Namun, ada yang menarik dari para pedagang ini.

Mereka terdengar melantunkan doa 'ikhtiar langit' secara bersama-sama di tengah-tengah melakukan jualan. Beberapa ibu tampak memegang catatan sambil terus mengucap lantunan doa itu dengan kompak berulang kali.

Kondisi mereka yang tetap berjualan ini sepertinya menjadikan para penjual juga tetap waspada. Di samping tetap harus menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, de gan melantunkan doa ini juga bisa disebut sebagai salah satu upaya mencegah virus penyakit masuk ke tubuh.


Amalan berdoa juga pernah diungkapakan Ustadz Kondang, Yusuf Mansyur.  Dalam instagramnya @yusufmansurnew pernah memposting satu amalan yang bisa dilakukan masyarakat dengan rujukan Al-Qur'an dan Hadits agar terhindar dari segala marabahaya. Salah satunya dengan melantunkan doa yang pernah dipanjatkan Rasulullah SAW.

Sehingga, selain dengan upaya menjaga diri untuk tetap bersih dan sehat berdoa juga tidak boleh ditinggalkan. Ia menyebut, untuk mengamalkan doa ini di kala pagi dan sore hari minimal tiga kali. Disertai dengan surat Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

"Baca 3x di pagi dan di sore hari. Sekeluarga ya. Dan sama kawan-kawan. Supaya terhindar dari Corona Dan semua keburukan, kejahatan, kebangkrutan, kerugian, kehancuran, kebinasaan, kehinaan, penyakit, virus2, bala, musiabah, bencana... Dan segala yg dianggep ga enak, menyakitkan, melelahkan, menghinakan, merugikan, mengecewakan, menjatuhkan, dll kejahatan dan keburukan..." tulisnya beberapa waktu lalu.