Screenshot video youtube Dunia Manji
Screenshot video youtube Dunia Manji

Syakir Daulay sempat dihujat dan menjadi bulan-bulanan warganet. Terutama setelah video musisi Anji diunggah melalui channel YouTube-nya Dunia Manji. 

Dalam video tersebut, Anji mempertanyakan status lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' dan keterangan 'official music video' pada deskripsi channel YouTube Syakir Daulay.

Melalui unggahan terbarunya pada Minggu (5/4/2020), Anji pun memberi jawaban atas pertanyaan status lagu tersebut. Anji menghubungi langsung Syakir Daulay dengan memanfaatkan aplikasi video call. 

Keduanya pun mengobrol dan menjelaskan asal muasal lagu tersebut. Hingga Senin (6/4/2020) pagi, unggahan Anji pun menduduki trending ke tujuh di YouTube.

Dari percakapan itu, Syakir Daulay menjelaskan jika awalnya ia memang mengcover lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' tersebut. Dia juga menegaskan jika ia beserta tim telah mendapatkan izin dari pencipta lagu aslinya. Namun tak lama diunggah, video tersebut menjadi trending nomor satu.

Dari situ, ia dan tim memilih untuk mengurus lisensi dari lagu tersebut. Hingga akhirnya, Syakur Daulay dan tim memutuskan untuk membeli lisensi lagu tersebut. 

Hal itu menjadi dasar, sehingga pada akhirnya ditulislah official music video pada deskripsi unggahannya terebut.

"Jadi Alhamdulilah gua udah beli lisensinya, dan itu dicantumkan setelah semuanya clear," kata Syakir Daulay menjawab pertanyaan Anji.

Dia menyampaikan jika alasannya mengcover hingga membeli lisensi lagu tersebut adalah lantaran ia merasa jatuh cinta dengan lagu tersebut. 

Dari awal ia ingin menunjukkan sikap romantis Rasulullah kepada masyarakat yang tentu jauh lebih romantis kepada istrinya dibanding kisah lainnya.

Dia juga berharap, dakwah tentang Rasulullah bisa selalu dia lakukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Sehingga masyarakat pun bisa mengenal lebih jauh lagi tentang sifat-sifat Rasulullah dan keteladanannya.

"Insya Allah ke depan gua juga mau terus berkarya di bidang selawat ini untuk mengenalkan apa ya, mengenalkan Rasulullah dengan cara yang asyik gitu Bang," terang Syakir pada Anji.

Dalam bincang-bincang itu, Syakir juga menyampaikan jika ia akan terus melantunkan selawat. Dalam waktu dekat bahkan ia akan memperkenalkan cinta pertama Rasulullah yaitu Khadijah termasuk teladan hidup Rasulullah bagi anak-anak muda yang akan dikemas lebih asyik dan mudah.

"Rencananya mau rilis album juga sih bang, mumpung dekat Ramadan juga. Lagu religi dan pop religi begitu," tambah Syakir.

Upaya mengenalkan lagu religi itu pun disambut positif Anji. Mantan vocalis Drive ini berpendapat jika langkah yang diambil Syakir cukuplah baik, dan cover Aisyah Istri Rasulullah tersebut bisa menjadi jembatan pertama untuk karir Syakur di dunia musik.

"Dan mungkin, dengan cover Aisyah Istri Rasulullah ini adalah langkah awal dari Syakir," terang Anji.

Di akhir percakapan, Syakir pun menyampaikan terima kasih sekaligus permohonan maafnya lantaran sempat membuat kesalahpahaman. Hal itu juga dia sebut sebagai pelajaran baru dalam dunia musik. "Terima kasih bang buat supportnya," terang Syakir.