Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto (empat dari kanan) dan Sanusi (kiri), calon bupati Malang 2020, saat di acara. (dok MalangTimes)
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto (empat dari kanan) dan Sanusi (kiri), calon bupati Malang 2020, saat di acara. (dok MalangTimes)

Tak ingin ketinggalan dengan berbagai gerakan sosial masyarakat yang bahu-membahu membantu sesama di tengah pandemi virus covid-19, Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Malang pun diam-diam telah melakukan hal sama.

Para wakil rakyat dari banteng moncong putih ini tanpa publikasi ramai telah menyumbangkan gaji pokoknya untuk masyarakat yang terdampak langsung corona. Bahkan, aksi sosial dari para wakil rakyat itu telah dilakukan sejak Maret 2020 lalu. 

"Kami khususnya dari Fraksi PDI Perjuangan, sejak Maret 2020 sebenarnya telah menyumbangkan gaji pokok untuk ikut dalam aksi sosial ini," ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, Jumat (3/4/2020).

Wujud sumbangan itu adalah beras sebanyak 45 ton yang didistribusikan ke warga sasaran yang dianggap terdampak langsung oleh pandemi corona hingga saat ini.

Gaji pokok para wakil rakyat dari PDI Perjuangan serta sumbangan dari para donatur lainnya itu kini telah didistribusikan untuk meringankan beban ekonomi warga.

Di singgung tindak lanjut ke depannya terkait aksi sosial dari para wakil rakyat itu, Didik Gatot menyatakan akan terus mendorong kepedulian sosial.. "Terus kami dorong ya. Karena persoalan dampak corona ini membutuhkan seluruh elemen untuk bergerak meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan," ujarnya.

Terpisah, Sanusi sebagai Ketua Bamusi (Baitul Muslimin Indonesia) DPC PDI Perjuangan  Kabupaten Malang juga sempat menyampaikan, ke depan aksi-aksi sosial ke masyarakat akan coba terus diinisiasi.

Tak hanya beras yang telah didistribusikan, tapi nantinya juga bisa diwujudkan bahan-bahan pokok lainnya yang dibutuhkan warga. "Bantuan beras adalah awal aksi sosial dari para kader  PDI Perjuangan dan donatur. Ke depan kami galang bahan pokok lainnya," ujar calon bupati 2020 dari PDI Perjuangan ini.

Sanusi sebagai bupati Malang pun memberikan apresiasinya atas aksi sosial yang dilakukan Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Malang itu. "Ini bentuk kepedulian dan gotong royong kita selama ini. Saya sebagai bupati Malang terus mendorong hal ini bisa terus menguat," tandasnya.