Bupati Blitar Rijanto saat kunjungan ke UMKM pembuat masker di Desa Kalipucung.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto saat kunjungan ke UMKM pembuat masker di Desa Kalipucung.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Gentingnya pandemi virus corona atau covid-19 membuat kebutuhan alat pelindung diri masker meningkat. Bahkan masker menjadi barang langka  hingga harganya naik drastis.

Kondisi tersebut membuat Bupati Blitar Rijanto berusaha memenuhi kebutuhan masker bagi masyarakat. Salah satunya dengan mendorong penyediaan masker dengan menggandeng usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Untuk mencegah corona, selain pola hidup sehat, masyarakat juga harus pakai masker. Apa pun maskernya, silakan. Yang penting pakai masker,” ungkap Bupati Rijanto kepada awak media usai berkunjung ke UMKM pembuat masker di Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar (2/4/2020).

Ketersediaan masker di toko dan apotek mengalami kelangkaan akhir-akhir ini akibat tingginya permintaan. Terkait hal ini, bupati menyarankan kepada masyarakat untuk memakai masker kain buatan UMKM. Sebagai daerah yang punya potensi tinggi di bidang usaha, di Kabupaten Blitar nanyak terdapat UMKM pembuat masker.

“Ini termasuk pemberdayaan UMKM yang bergerak di bidang pembuatan masker. Di tengah-tengah pandemi virus corona ini, tentu mereka (UMKM) perlu adanya dorongan dan dukungan dari semua pihak agar usahanya tetap terus berjalan. Dengan cara ayo kita pesan masker di UMKM yang ada di sekitar kita,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Blitar yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat itu. 

Salah satu UMKM pembuat masker yang ditinjau langsung bupati ialah UMKM milik Asna di Desa Kalipucung. Dalam kunjunganya ini, selain monitoring, bupati  juga memesan masker. Bupati berharap apa yang ia lakukan ini diikuti oleh masyarakat Kabupaten Blitar.

“Masker kain di Bu Asna ini cukup murah. Satu lusin harganya Rp 60 ribu dan maskernya bisa dicuci dan dipakai lagi,” ungkapnya.

Lebih dalam bupati kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk terus memakai masker di tengah ancaman covid-19. “Biasakan pakai masker sehingga kalau masyarakat semua pakai masker, maka virus corona akan hilang dari Bumi Nusantara yang kita cintai ini,” pungkas bupati.(Adv/Kmf)