Posko Cek Point Kendaraan Yang Masuk Kabupaten Ngawi, Rabu 01/04/2020
Posko Cek Point Kendaraan Yang Masuk Kabupaten Ngawi, Rabu 01/04/2020

Setiap kendaraan yang masuk ke wilayah Kabupaten Ngawi, terutama dari arah Bojonegoro kini wajib menjalani pemeriksaan. 

Tindakan tersebut sesuai dengan instruksi dari Kapolres Ngawi AKBP Dicky Aryo Yustisianto tentang penyekatan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Ngawi.

Kegiatan pengecekan tersebut  dilaksanakan oleh polsek gabungan rayon tengah dan timur, BPBD, serta UPT Puskesmas Padas dan dipimpin langsung oleh Wakapolsek Padas Iptu Iswahjoedi. 

Personel gabungan tersebut melakukan kegiatan penyekatan serta melaksanakan pemeriksaan antisipasi penyebaran virus Corona di Posko Cek Point Kewaspadaan Covid-19 di perbatasan Ngawi-Bojonegoro, tepatnya di pos Banyu Urip Rabu (01/04/2020).

Dalam kegiatan kali ini, anggota Polsek bersama BPBD dan UPT Puskesmas melakukan pemantauan kendaraan di tepi jalan dari arah Bojonegoro ke Ngawi guna memudahkan upaya penghentian dan penyemprotan disinfektan. 

Penyemprotan tersebut diutamakan bagi kendaraan dari Surabaya atau Jakarta yang masuk Ngawi. 

"Bukan cuma mobil pribadi, tetapi juga bus, travel, truk semua kendaraan menjadi sasaran karena jalan tersebut merupakan satu-satunya jalur yang menghubungkan Ngawi-Bojonegoro," terang Kapolsek Padas AKP Pujianto.

Setelah dilakukan penyemprotan disinfektan, penumpang juga diminta melakukan cek suhu badan serta pendataan para penumpang bus maupun travel serta mobil pribadi. 

Bila tidak ditemukan gejala klinis Covid-19, kendaraan kembali diperbolehkan melanjutkan perjalanan. 

"Apabila ditemukan penumpang dengan suhu tubuh di atas 37° C maka akan dilakukan pendataan dan diberikan imbauan oleh tim kesehatan serta menjalani pemeriksaan lanjutan," sebutnya.

Hasil kegiatan pemeriksaan kemarin, Rabu (01/04/2020), tim UPT Puskesmas Padas mengonfirmasi bahwa belum ditemukan penumpang yang terindikasi terpapar oleh penyakit Covid-19. 

"Tetapi upaya ini akan terus dilakukan rencana nya sampai dengan tanggal 05 April mendatang. Kegiatan ini sangat perlu dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi masuknya virus corona Covid-19 di wilayah Kabupaten Ngawi," pungkasnya.