Pengecekan Suhu Badan Pemudik Di Stasiun Pintu Keluar Masuk Stasiun Walikukun.
Pengecekan Suhu Badan Pemudik Di Stasiun Pintu Keluar Masuk Stasiun Walikukun.

Wacana dan imbauan larangan mudik membuat masyarakat cemas. Tak sedikit yang melakukan perjalanan pulang ke daerah lebih cepat alias curi start mudik, termasuk ke wilayah Ngawi.

Untuk mengantisipasi arus warga yang mudik lebih awal, Polsek Widodaren bersama Koramil dan tim dari Puskesmas Widodaren melakukan pengecekan suhu badan pendatang di pintu keluar masuk Stasiun Walikukun.

Kapolsek Widodaren AKP Munaji mengungkapkan, langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi warga yang mencuri start pulang lebih awal ke daerah asalnya. 

"Ini dilakukan mengingat di Stasiun Walikukun setiap tahunnya ramai keberangkatan maupun kedatangan penumpang dari Jakarta ataupun daerah lainnya saat menjelang hari raya Idul Fitri," terangnya. 

Dengan perkembangan situasi terakhir terkait penyebaran virus Covid-19, Polsek Widodaren bersama Koramil Widodaren dan Puskesmas Widodaren terus melaksanakan pemantauan penumpang yang turun di Stasiun Walikukun.

Tindakan pemeriksaan terhadap suhu badan dan tensi darah serta melakukan pendataan kota asal pemberangkatan dan kota tujuan. 

Dalam pantauan MadiunTIMES, Rabu (01/04/2020) pukul 09.45 WIB telah tiba KA Kahuripan jurusan Bandung – Surabaya dan menurunkan enam orang penumpang dari Bandung dan Yogyakarta serta beberapa stasiun lainnya. 

Petugas Puskesmas Widodaren tanggap cepat melakukan pemeriksaan. Bila ditemukan penumpang dengan suhu badan di atas 37 derajat, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Puskesmas.

Munaji mengatakan bahwa kegiatan pemantauan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memutus penyebaran penyakit Covid-19. "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya virus ini," sebutnya.

Dia juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan sampai batas waktu yang belum ditentukan. "Akan terus dilakukan hingga pandemi Covid-19 ini reda, mengingat kegiatan ini merupakan instruksi dari Kapolres AKBP Dicky Aryo Yustisianto serta hasil dari koordinasi dengan pemerintah daerah," pungkasnya.