Komunitas Infone Wong Madiun (IWM) baru saja terbentuk pada 21 Maret 2020 yang dibentuk atas dasar wujud kepedulian terhadap masyarakat semenjak mewabahnya virus Covid-19 ini khususnya di kota Madiun. Berawal dari niat ingin berbagi terhadap sesama.

Sore itu saat ditemui di Posko Relawan IWM Jalan Ngebong 16A Banjarejo Madiun Muhammad Bintang Drajat selaku Wakil Ketua IWM menjelaskan awal terbentuknya komunitas.

“Awalnya kita memikirkan nasib orang-orang di bawah kita, dengan harga masker sebegitu mahalnya dan hand sanitizer serta adanya lockdown juga, tergerak dengan memikirkan rakyat yang berada pada ekonomi yang rendah,”  tuturnya mengawali cerita

Dari situ akhirnya Muhammad Bintang Drajat yang akrab disapa mas Bintang mengusulkan membentuk komunitas IWM.

“Pak Basuki iseng posting kiriman di salah satu Grup Facebook Infone Wong Madiun IWM “Ayolah lur bantuan 10 ribu buat beli masker,” Dari situ pula Mas Bintang tergerak untuk membentuk komunitas Ikatan Wong Madiun (IWM) yang saat ini memiliki partner Infone Wong Madiun (IWM).

Meski larangan keluar rumah sudah diimbau namun hal tersebut tidak mematahkan semangat para pejuang komunitas ini. Berawal dari 5 anggota hingga saat ini IWM sudah memiliki kurang lebih 27 anggota dan 200 lebih member di Grup WhatsApp.

“ayo pak kita bentuk komunitas, bismillah tidak usah pedulikan cibiran atau cemooh yang lainnya,” tutur mas Bintang pada mas basuki salah satu anggota IWM kala itu.

“Kita kumpul di Balaikota yang ikut itu Pak Basuki, saya (Mas Bintang), Mas Fathur dan istri saya dan juga pak Nanang ketua IWM untuk galang dana sebagai modal awal pembagian masker gratis,” beber dia.

Dari kegiatan galang dana tersebut muncul relawan-relawan lainnya yang tergerak hatinya untuk bergabung. “Pemerintah sudah banyak tugasnya, jangan sampai kita menyalahkan pemerintah, kita bergerak dari masyarakat dan untuk masyarakat,” tegas Bintang.

Kegiatan sosial IWM diawali dengan pembagian masker gratis di sejumlah titik jalan di Kota Madiun pada Rabu (25/03/2020). Saat ini IWM sedang mengadakan pembagian masker dan hand sanitizer gratis namun bertempat di Posko Relawan IWM selama 1 minggu ke depan.

Pembagian bertempat di Posko tersebut dengan tujuan agar member IWM mendapat prioritas terlebih dulu. “Karena kita juga punya member, jadi kita utamakan member grup WhatsApp IWM yang belum mendapatkan hand sanitizer, nanti kalau sudah baru kita broadcast di facebook Infone Wong Madiun, kita sebar juga di beberapa titik jalan seperti yang sudah kita lakukan. Kita bagikan ke masyarakat yang membutuhkan,” ungkap dia.

“Rencana ke depan setelah selesai program ini kami akan mengadakan penyaluran bantuan berupa bahan makanan pokok seperti beras, minyak, gula maupun telur, akan ada tim juga yang melakukan survei sehingga penyaluran bantuan ini tepat sasaran,” pungkas dia.