Penyemrpotan disinfektan di perbatasan Lumajang Probolinggo (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Penyemrpotan disinfektan di perbatasan Lumajang Probolinggo (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Jika pagi tadi ada melintas di jalan nasional Ranuyoso Lumajang, yang berbatasan dengan Probolinggo, anda akan melihat aksi simpatik yang dilakukan oleh sejumlah pemuda setempat.

Mereka membagikan masker dan melakukan penyemprotan disinfektan kepada setiap kendaraan yang melintas, sekaligus memotivasi warga untuk menjaga diri dari virus corona. 

Latief Andi Agusta, salah satu pemrakarsa kegiatan ini mengatakan, apa yang mereka lakukan bersama sejumlah temannya adalah hasil patungan dana yang kemudian diwujudkan masker dan disinfektan.

"Maskernya kita jahit sendiri, tapi Alhmadulillah kainnya kita rangkap biar lebih kuat. Bahan masker semuanya dari patungan bersama teman-teman disni," kata Latief Andi Agusta kepada media ini.

Sementara untuk disinfektan mereka menyiapkan 6 galon yang disemprotkan disejumlah titik, termasuk kepada para pengemudi motor dan mobil yang masuk ke Lumajang.

"Alhmadulillah kami didukung oleh Polsek untuk pengamanan jalan agar tidak macet. Dan pengendara motor tampaknya juga senang dengan aksi ini. Bahkan pengendara mobilpun mereka buka kaca untuk mendapatkan penyemprotan disinfektan dari kami," jelas Latief kepada media ini, Minggu (29/3).

Latief juga mengakui bahwa masker yang diberikannya tidak banyak, hanya sekitar 250 masker saja, karena semuanya jahitan sendiri dan direncanakan dalam waktu yang terbatas.

"Semuanya kita kerjakan sendiri dari hasil dana patungan itu," urai Latief.