Pedagang sedang mengangkat beras di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pedagang sedang mengangkat beras di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Di rumah saja atau stau at home merupakan upaya yang harus dilakukan demi mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid-19. Imbauan itu membuat panik sebagian warga.

Tetapi warga Kota Batu tidak perlu panik lantaran ketersediaan beras aman. “Kondisi ketersediaan beras di Kota Batu aman. Sehingga masyarakat tidak perlu panik dengan kondisi saat ini,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu Ninik Nuryati.

Untuk saat ini, stok beras di Pasar Besar Kota Batu bulan Maret mencapai 1.551 ton. Kemudian stok di distributor pada Maret ini mencapai 139 ton. Lalu di pedagang kecil  menengah di tiga kecamatan, ada 104 ton.

Dengan demikian, jumlahnya mencapai 1.795 ton. Sedangkan total kebutuhan konsumsi penduduk Kota Batu pada  Maret ini mecapai 1.630 ton.

“Jumlah yang mencapai hampir 1.800 ton itu diperkirakan aman selam kurang lebih satu bulan. Jadi, tidak perlu membeli secara berlebihan,” imbuh Ninik.

Selain jangan panik dan tetap melakukan aktivitas di rumah saja,  Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta warha melakukan pencegahan covid-19 dengan beberapa tindakan. 

“Mulai dari beraktivitas di rumah, rajin cuci tangan, jaga pola hidup sehat, olahraga yang teratur, sering berjemur, konsumsi makanan memadai,” imbaunya.

Kemudian warga diminta  banyak mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C. Juga hindari keramaian atau jaga jarak interaksi sosial (social distancing).