Ketua DPC Partai Demokrat Kota Blitar, Ito Tubagus Aditya memimpin langsung penyemprotan disinfektan dan bagi hand sanitizer kepada driver ojek online (Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Ketua DPC Partai Demokrat Kota Blitar, Ito Tubagus Aditya memimpin langsung penyemprotan disinfektan dan bagi hand sanitizer kepada driver ojek online (Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

DPC Partai Demokrat Kota Blitar terus melakukan aksi pencegahan penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19). Kali ini, upaya yang dilakukan adalah melakukan penyemprotan kepada kendaraan ojek daring (online) di jalan barat Monumen PETA Kota Blitar, Sabtu (28/3/2020).

Penyemprotan kendaraan ojek daring menggunakan cairan disinfektan bertujuan untuk membunuh virus yang menempel pada kendaraan. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk dukungan parpol berlambang bintang mercy untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Selain disemprot disinfektan, para ojol juga diberikan hand sanitizer secara cuma-cuma alias gratis. Serta diberikan sosialisasi bahaya virus corona.

“Obat untuk Covid-19 belum ditemukan, kita tidak bisa berandai-andai. Oleh sebab itu kami ajak masyarakat untuk pola hidup sehat dan tangan selalu bersih dari bakteri dan kuman,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Kota Blitar, Ito Tubagus  Aditya.

Sasaran baksos kali ini sengaja diarahkan kepada pengemudi ojek online. Menurut Ito, driver ojol tetap beroperasi di tengah wabah corona saat ini dan mereka sangat membutuhkan disinfektan dan hand sanitizer.

“Harapan kami para ojol, driver Grab ini tetap waspada. Baik tangan, motor, pakaian yang dikenakan tetap bersih karena mereka selalu berinteraksi dengan penumpang,” tegasnya.

Lebih dalam Ito menyampaikan, kegiatan semacam ini akan dilaksanakan secara terus menerus dengan berkoordinasi dengan kader Demokrat di tingkat bawah. ”Kita akan salurkan bantuan semacam ini untuk teman-teman dan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” imbuh politisi yang juga anggota DPRD Kota Blitar.

Ditambahkan Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Blitar, Ridho Handoko, sumber dana dari kegiatan ini bersumber dari dana pribadi kader partai Demokrat yang duduk di DPRD Kota Blitar. Sebagai wakil rakyat, diharapkan kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam perang lawan virus corona.

“Kami mengajak teman-teman dari komunitas dan lembaga lainya untuk ikut perang lawan virus corona. Kita ikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan social distancing, physical distancing dan pola hidup sehat. Bagi teman-teman ojek online, selalu jaga kesehatan dan jaga kebersihan agar terhindar dari corona,” kata Ridho.

Sementara itu, Edwin (48) salah satu driver ojol Grab menyambut baik adanya kegiatan ini. Bagi ojol Grab, di masa seperti ini penyemprotan disinfektan dan hand sanitizer sangat dibutuhkan karena mereka tetap mengangkut penumpang.

“Kami tidak memandang itu dari partai apa dari mana. Selama masih ada para donatur yang perhatian dengan kita ya kita terima. Dan Insyaalah dari mereka-mereka tidak minta imbal baliknya, karena mereka ikhlas. Kami senang sekali kalau ada yang perhatian sama kami,” ujarnya.