Penyemprotan Disinfektan Desa Pangkur pagi ini, Sabtu (28/3) di sejumlah titik fasilitas umum di Desa Paras
Penyemprotan Disinfektan Desa Pangkur pagi ini, Sabtu (28/3) di sejumlah titik fasilitas umum di Desa Paras

Penyemprotan disinfektan gencar dilakukan di berbagai daerah, begitu juga di Desa Paras Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi serentak melakukan penyemprotan bersama Polresta dan Kodim untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 pada Sabtu (28/3).

Pagi ini beberapa masyarakat beserta Koramil, Polsekta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Desa Paras yang diwakili anggota Bhabinkamtibmas Bripka Winarto melakukan penyemprotan di Desa Paras.

Titik fokus penyemprotan itu mengutamakan fasilitas-fasilitas umum seperti sekolahan dan juga masjid- masjid sekitar Desa Paras. Hal tersebut merupakan wujud nyata kepedulian tiga pilar masyarakat Desa Paras Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi agar terbebas dari virus yang sudah menyebar di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Kepedulian penyemprotan tersebut juga terpancar dari keseriusan anggota Polri Bripka Winarto selaku Bhabinkamtibmas terlihat sejak pagi tadi ia berkeliling menyemprotkan disinfektan di setiap sudut sekolah seperti SDN Paras 1 serta beberapa masjid yang menjadi titik fokus penyemprotan.

Beberapa warga terlihat mengenakan masker lengkap dengan sarung tangan dan gendongan cairan disinfektan di punggungnya pagi ini turut berpartisipasi membantu penyemprotan tersebut. Warga beserta anggota Polri dan Bhabinkamtibmas bersama-sama melakukan penyemprotan dan berharap desa mereka steril dari virus corona Covid-19.

Pantaun madiunTIMES meskipun Ngawi sudah terdapat ODP dan PDP namun hal tersebut membuat Desa Paras gencar melakukan antisipasi Covid-19 agar tidak semakin meluas. Beberapa antisipasi memang sudah dilakukan baik instruksi dari Bupati maupun pihak terkait lainnya.

“Kita harus memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat tentang pencegahan virus tersebut dengan cara melakukan pola hidup sehat, rajin cuci tangan, membatasi kontak fisik dan mengurangi aktifitas diluar rumah yang skiranya tidak perlu,” terang Budi Sulistyono selaku Bupati Ngawi dalam rapat Pencegahan Virus Covid-19 Minggu (15/3) lalu.

Hal itu juga terbukti sigapnya anggota Polri dan anggota TNI pemerintah Kecamatan Pangkur dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersian dan juga social distancing untuk menghindari penyebaran Covid-19.