Petugas penyemprotan disinfektan dari Partai NasDem Jombang terlihat menyemprotkan cairan disinfektan ke bangunan di dalam Klenteng Hok Liong Kiong Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Petugas penyemprotan disinfektan dari Partai NasDem Jombang terlihat menyemprotkan cairan disinfektan ke bangunan di dalam Klenteng Hok Liong Kiong Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Sejumlah rumah ibadah 3 umat beragama di Jombang disemprot disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan untuk menciptakan rasa nyaman masyarakat ketika beribadah di tengah ramainya kasus virus corona atau covid-19.

Penyemprotan ini dilakukan pertama di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, Kelurahan Jombatan, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJWK), Kelurahan Kaliwungu dan Klenteng Hok Liong Kiong Jombang, Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Penyemprotan dengan cairan disinfektan ini dilakukan pada halaman rumah ibadah hingga ruangan di dalamnya, dan meja-kursi yang ada di dalam bangunan.

Kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah ibadah milik 3 umat beragama itu, dilakukan oleh Partai NasDem. Hal tersebut diperuntukkan untuk menciptakan rasa nyaman bagi masyarakat yang hendak menjalankan ibadah di tengah gelombang covid-19.

"Masyarakat itu kini kan resah dengan adanya perintah tidak beribadah di masjid, di gereja, dan ke klenteng dan sebagainya. Maka dengan penyemprotan ini, apa yang dikhawatirkan tidak terjadi. Masyarakat lebih nyaman melakukan ibadah," ujar Ketua DPD Partai NasDem Jombang, Mu'linah Shohib saat diwawancarai di Klenteng Hok Liong Kiong Jombang, Sabtu (28/3) siang.

Dikatakan Mu'linah, kegiatan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah ibadah ini sebagai bentuk misi kemanusiaan partainya dalam memerangi corona di kota santri. Selain di 3 rumah ibadah, penyemprotan juga ia lakukan di pondok pesantren dan wilayah perkampungan warga di Jombang.

"Penyemprotan massal ini adalah salah satu kepedulian Partai NasDem kepada masyarakat tentang virus corona yang menjadi keresahan masyarakat. Ini untuk meringankan beban masyarakat di tengah covid-19," tandasnya.

Tak hanya itu, Mu'linah bersama para kader Partai NasDem juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi perintah pemerintah agar tidak bergerombol atau berkerumun. Social distancing diharapkan terus dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Saya minta kesadaran masyarakat agar tidak berkelompok, diam di rumah untuk mencegah virus corona," pungkasnya.(*)