Praktek Cuci Tangan Yang Benar Santri TPQ Masjid Baitul Jannah Banjarsari Glagah Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES
Praktek Cuci Tangan Yang Benar Santri TPQ Masjid Baitul Jannah Banjarsari Glagah Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES

Sekarang waktunya masyarakat bersama-sama berjuang menuntaskan penyebaran Virus Corona (Covid-19) dengan berpikir positif dan merasakan emosi positif. Caranya dengan mengirimkan vibrasi positif untuk diri sendiri dan lingkungan, menyebar informasi yang sifatnya meneduhkan, menenangkan untuk kebaikan diri sendiri dan bersama.

Menurut Adinda Ricky Aziziyah, Ustazah pada Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Masjid Baitul Jannah binaan Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PC LDII) Kecamatan Glagah Banyuwangi, anak-anak usia PAUD, Taman Kanak Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) merupakan kelompok yang rentan tertular virus yang belum ada obatnya.  Sehingga butuh perhatian dan penanganan khusus dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid 19 yang menjadi pandemi bagi masyarakat dunia.
Lantas bagaimana agar mereka tidak mengalami psikosomatis Covid-19 atau  tidak mengalami kecemasan tinggi dengan ramainya pemberitaan tentang Virus Corona.

"Cukup sudah masyarakat menebar dan menyebar informasi terkait virus corona (Covid-19) di media sosial dan grup percakapan seperti WA atau Telegram yang justru semakin menguatkan berbagai emosi negatif seperti takut, khawatir, cemas, merasa tidak berdaya, dan lain sebagainya," jelas dia.

Menurut Gadis asal Tarakan itu, salah satu cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan edukasi yang benar, tepat dan sesuai dengan alam pikiran mereka tentang virus Corona dan cara pencegahannya.

Lebih lanjut Gadis berkacamata minus itu menambahkan bersama dengan mubaleghat lain melakukan program sosialisasi dan cara mencegah Corona dengan mencuci tangan yang benar pada santriwan dan santriwati.

Gadis yang hobi Olahraga itu lebih lanjut menuturkan selain memberikan pemberian informasi dan cara mencegah Corona, pihaknya juga memberikan praktek langsung bagi para santri cara membersihkan tangan yang benar seusai dengan edaran yang disampaikan pemerintah kabupaten Banyuwangi.

Alumni SMA Negeri 2 Tarakan Tahun 2017 optimis dengan kerukunan kekompakan dan kerjasama yang baik semua elemen masyarakat,  Bangsa Indonesia mampu menuntaskan masalah Corona.

Terakhir dia mengutip nasehat orang bijak,"Semakin banyak cobaan , rintangan yang kamu hadapi justru menjadikan manusia yang kuat dan tangguh dan yakin  pertolongan Allah pasti datang".