Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Polresta Malang Kota Tetap Terapkan SOP Sterilisasi Masuk Mako walau Corona Mereda

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

27 - Mar - 2020, 10:56

Placeholder
Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat akan memasuki kantor polresta melewati bilik semprot disinfektan terlebih dulu. (ist)

Pemberlakuan sterilisasi pencegahan covid 19 dengan penyemprotan berlapis saat ini telah dilakukan di Polresta Malang Kota. Mulai dari gerbang masuk hingga menuju pintu masuk kantor Polresta Malang Kota, para tamu bakal menjalani tiga kali penyemprotan disinfektan.

Perihal standar operational procedure (SOP) tersebut,  meski nantinya wabah covid 19 telah mereda,  SOP ketat tersebut tetap akan dilakukan terhadap semua anggota dan para tamu yang berkunjung ke Polresta Malang Kota. "Sampai nanti dinyatakan telah aman, kami akan tetap lakukan SOP ini," ucapnya.

Penerapan SOP yang tetap berjalan nantinya ini tentu menjadi hal positif dalam pembelajaran pola hidup bersih dan steril sehingga bisa menghindarkan dari kuman-kuman atau virus-virus penyakit.   "Jadi, saat kendaraan masuk, pintu kaca dibuka semua dan kemudian otomatis akan disemprot. Setelah penumpang turun, mereka diarahkan menuju tenda sterilisasi. Di situ sama mereka akan disemprot dengan cairan disinfektan," ungkapnya.

Setelah keluar tenda sterilisasi, sambung kapolresta, para tamu akan kembali menjalani tahapan selanjutnya dengan mencuci tangan dengan sabun cair pada wastafel.

Setelah itu, kemudian para tamu masuk ke dalam bilik penyemprotan disinfektan kembali dan diharuskan memutar badan agar seluruh badan terkena disinfektan.

"Begitu keluar dari bilik, di lobi depan akan diberikan hand sanitizer dan dilakukan pengecekan suhu. Jika suhu normal, akan dipersilakan masuk dengan dibantu petugas karena pintu masuknya menggunakan kartu khusus," terang dia.

Kapolresta juga menyampaikan, dalam tiga kali penyemprotan ini, komposisi cairan yang disemprotkan adalah sama.  Cairan disinfektan yang disiapkan sesuai dengan peraturan yang disiapkan oleh menteri kesehatan. "Jadi, berapa komposisi persentase cairannya dan apa jenisnya sudah sesuai aturan," pungkasnya.


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-hari-ini corona-di-indonesia covid19-di-indonesia upaya-pencegahan-corona Polresta-Malang-Kota Terapkan-SOP-Sterilisasi-Masuk-Mako tiga-kali-penyemprotan-disinfektan cuci-tangan-dengan-sabun-cair pemakaian-hand-sanitizer pengecekan-suhu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy