Kepala Bapenda Kota Malang, Ade Herawanto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Kepala Bapenda Kota Malang, Ade Herawanto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

 Upaya pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19) dengan mengimplementasikan kebijakan social distancing diterapkan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang. 

Salah satunya, dengan membatasi jam operasional serta mengalihkan pelayanan pelaporan pajak secara online.

Kepala Bapenda Kota Malang Ade Herawanto mengatakan penerapan pembatasan pelayanan berdasarkan dari surat edaran (SE) Wali Kota Malang Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan/ atau Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Karenanya, Bapenda menerapkan jam pelayanan efektif untuk lima hari kerja. 

Yakni, hari senin-kamis jam pelayanan mengikuti jam kerja ASN (Aparatur Sipil Negara) selama masa kedaruratan Covid-19 mulai pukul 08.00-14.00. 

Sedangkan, hari Jumat pelayanan akan dimulai pukul 07.30-11.00.

"Kami meminta perhatian dan pengertiannya terutana bagi para Wajib Pajak untuk saat ini Bapenda memberlakukan protokol kesehatan dalam pelayanan pajak. Perubahan jam pelayanan bisa kembali normal atau dilakukan penyesuaian ulang bila situasi telah memungkinkan," ujarnya.

Sementara, berkaitan dengan pelaporan pajak maka tetap bisa dilayani melalui media sosial. 

Sementara, berkaitan dengan pelaporan pajak maka tetap bisa dilayani melalui media sosial Bapenda. Bisa juga ke hotline Bapenda, ke (0341) 2993188 atau Fax di (0341) 2993010, dan email ke [email protected]malangkota.go.id.

"Untuk pembayaran bisa via transfer rekening per jenis pajak yang telah ditentukan melalui sistem host to host atau melalui teller Bank Jatim terdekat," tandasnya.

Dalam surat edaran tersebut juga disampaikan, bahwa pelaksanaan akan berlaku sampai kondisi status kedaruratan bencana non alam Covid-19 diberhentikan.