Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (Igoy)
Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (Igoy)

Selain menutup taman dan hutan kota, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang juga tak lupa membekali petugasnya dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Seiring Kota Malang yang sudah menjadi zona merah penyebaran virus Corona, pemerintah pusat dan daerah memberlakukan imbauan agar masyarakat bisa tetap tinggal di rumah untuk menghindari penyebaran virus yang bermula dari Wuhan, China tersebut.

Meski begitu, DLH Kota Malang tetap bertugas untuk melayani masyarakat dalam hal kebersihan. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi terkena virus itu, anggota yang bertugas di lapangan dibekali dengan APD dan cairan sterilisasi.

"Untuk pencegahan dan penanganan di mana kita DLH yang bertugas untuk kebersihan, bertugas mengolah taman tetap harus memberikan pelayanan. Sementara kondisinya seperti ini, sehingga kita itu membekali teman-teman untuk bisa tetap optimal tetapi juga meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan," ungkap Kepala DLH Kota Malang, Rinawati.

"Jadi yang pertama saya memang terus melakukan pemantauan, mengingatkan teman-teman untuk menggunakan APD yang ada, seperti masker, sarung tangan, dan lain sebagainya. Hal itu untuk melindungi diri, karena mereka resistance terhadap penularan, sementara tuntutan tugas harus tetap jalan," imbuhnya.

Dalam penerapannya, Rinawati bersama jajarannya juga selalu mengingatkan kepada petugas kebersihan dengan cara keliling sekaligus memantau kinerja ditengah wabah virus Corona.

"Saya keliling terus untuk mengingatkan, namanya teman-teman itu di lapangan kadang mereka tidak terbiasa dengan APD itu sehingga saya sampaikan ya menjaga diri untuk keselamatan kita semuanya. Yang kedua mengingatkan teman-teman untuk cuci tangan, untuk mandi setelah menyelesaikan tugasnya," kata Rinawati.

Selain itu, Rinawati juga terus mengingatkan kepada anggotanya agar mengonsumsi makanan yang bergizi agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga sehingga tidak mudah terkena virus atau bakteri.

"Untuk menjaga diri saya juga mengingatkan anggota dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, supaya daya tahan tubunya bagus. Jadi saat bekerja mereka tidak mudah terserang penyakit atau virus," pungkasnya.