Pete sebaran kasus covid-19 di Jombang. (Foto : Infografis Dinkes Jombang)
Pete sebaran kasus covid-19 di Jombang. (Foto : Infografis Dinkes Jombang)

Kasus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Jombang sudah tersebar merata di 21 kecamatan. Kasus Corona yang tersebar tersebut mulai dari Orang Dengan Resiko (ODR), Orang Dalam Pantauan (ODP) hingga Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dikutip melalui laman resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dinkes.jombangkab.go.id kasus Covid-19 di Jombang tercatat ada 260 orang dalam resiko (ODR), 26 orang dalam pengawasan (ODP) dan 3 pasien dalam pengawasan (PDP). Data tersebut terupdate pada (24/3) pukul 14.00 WIB.

Ratusan kasus corona ini tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang. Kepala Dinas Kesehatan Jombang drg Subandriyah mengatakan, banyaknya kasus Corona yang menyebar di 21 kecamatan tersebut dikarenakan banyaknya warga Jombang yang bekerja di luar kota sedang pulang kampung.

"Kan ada orang-orang dari Jakarta pulang. Pedagang bakso juga pulang, terus TKW (Tenaga Kerja Wanita), TKI (Tenaga Kerja Indonesia) juga pada pulang. Terus orang-orang dari Malang, Yogyakarta, Solo juga pulang dan jadi ODR kami," ujarnya saat dihubungi wartawan, Selasa (24/3) sore.

Dikatakan Subandriyah, kasus Corona dengan status ODR dan ODP di Jombang sudah mengalami penurunan. Dari awal tercatat ada 337 ODR menjadi 260 ODR, dan 28 ODP turun menjadi 26 ODP. Penurunan ini dikarenakan beberapa orang telah tuntas pemantauan selama 14 hari dan dinyatakan sehat. "ODR dan ODP sudah ada yang selesai masa pemantauan 14 hari," tandasnya.

Sementara, Sekretaris Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Jombang Gatut Wijaya menyampaikan, 3 orang PDP saat ini masih menjalani isolasi di RSUD Jombang. Saat ini pihaknya masih menunggu hasil, sedangkan untuk 3 orang PDP masih menjalani isolasi di RSUD Jombang dan menunggu hasil uji sepesimen swab untuk memastikan mereka positif atau negatif Corona.

"Kita tunggu hasil swab. Kondisinya pasien sudah mulai membaik kok, sudah sehat," kata Gatut saat ditemui di kantor Dinkes Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim.

Meratanya kasus Corona mulai dari ODR, ODP dan PDP di seluruh kecamatan ini, diharapkan masyarakat agar membatasi diri untuk tidak keluar rumah. Gatut meminta agar masyarakat bisa mawas diri dan berdiam di rumah.

"Saya minta kerjasama teman-teman. Itu yang di rumah tetap di rumah, aktivitas di luar rumah dikurangi," tuturnya.

Berikut data lengkap sebaran kasus corona di 21 kecamatan di Jombang:

1. Kecamatan Jombang 70 ODR, 5 ODP dan 1 PDP

2. Kecamatan Peterongan 16 ODR dan 4 ODP

3. Kecamatan Sumobito 3 ODR

4. Kecamatan Mojoagung 36 ODR dan 1 ODP

5. Kecamatan Jogoroto 11 ODR, 1 ODP dan 1 PDP

6. Kecamatan Diwek 15 ODR dan 1 ODP

7. Kecamatan Gudo 12 ODR dan 19 ODP

8. Kecamatan Ngoro 14 ODR

9. Kecamatan Mojowarno 18 ODR

10. Kecamatan Bareng 5 ODR

11. Kecamatan Wonosalam 10 ODR dan 1 ODP

12. Kecamatan Perak 8 ODR, 3 ODP dan 1 PDP

13. Kecamatan Bandar Kedungmulyo 6 ODR

14. Kecamatan Megaluh 7 ODR

15. Kecamatan Tembelang 7 ODR

16. Kecamatan Kesamben 6 ODR dan 1 ODP

17. Kecamatan Ploso 10 ODR dan 1 ODP

18. Kecamatan Kudu 5 ODR dan 1 ODP

19. Kecamatan Ngusikan 5 ODR 

20. Kecamatan Kabuh 2 ODR

21. Kecamatan Plandaan 3 ODR