Petugas saat menyemprotkan desinfektan di salah satu Masjid di Kelurahan Dinoyo sebagai pencegahan Covid-19, Senin (23/3). (Foto: istimewa)
Petugas saat menyemprotkan desinfektan di salah satu Masjid di Kelurahan Dinoyo sebagai pencegahan Covid-19, Senin (23/3). (Foto: istimewa)

Merebaknya virus Corona atau Covid-19 ke seantero dunia menjadikan semua pihak terus waspada dengan menggencarkan upaya pencegahan.

Langkah antisipasi penyebaran Covid-19 itu turut dilakukan oleh Banser Husada (Basda) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang melalui Puskesmas Dinoyo. 

Tim kesehatan kali ini berinisiatif secara mandiri melakukan penyemprotan desinfektan di ruang-ruang publik.

Sasaran dari aksi yang turut melibatkan PC Ansor Lowokwaru, Banser, Sebar Sedekah (SS), dan Organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang ini yaitu lingkup warga RW 1 kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru dalam kegiatan yang dilangsungkan hari ini (Senin, 23/3).

Ketua Penyelenggara GP Ansor PAC Lowokwaru Malang, Dian Saikhu Asrori sebagai langkah antisipasi penyemprotan desinfektan dilakukan secara mandiri ke beberapa titik. 

Yakni, di area publik seperti masjid, kos-kosan atau kontrakan mahasiswa yang banyak penghuninya.

"Penyemprotan disinfektan ini pertama dilakukan di Masjid NU, di Panti Asuhan Muhammadiyah Lowokwaru, kos ataupun kontrakan mahasiswa. Kami bersama-sama bergerak mandiri untuk menjaga pencegahan penyebarluasan virus Corona," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya preventif lainnya dengan melibatkan tim kesehatan dari Puskesmas Dinoyo. 

Salah satunya, memberikan informasi mengenai pencegahan Covid-19.

"Kita juga tetap melakukan hal-hal preventif tentang penyebaran Covid-19. Melalui penyuluhan yang dilakukan Puskesmas Dinoyo, bagaimana mencegah virus Corona ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Dinoyo, dr Rina Istarowati mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya dalam penanganan penyebar luasan Covid-19. 

Masyarakat diberikan penyuluhan bagaimana untuk melakukan pencegahan salah satunya dengan menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).

Seperti selalu mencuci tangan dengan sabun setiap akan dan sesudah beraktivitas. 

Jaga pola makan sehat dengan sayur dan buah, dan olahraga. 

Tak hanya itu, warga juga diharapkan mengikuti instruksi Wali Kota Malang Sutiaji dalam hal menghindari area keramaian dan menerapkan social distancing.

"Iya, ini menjadi salah satu upaya (pencegahan penyebaran penularan Covid-19). Disamping itu kami juga sudah melakukan sosialisasi dengan keliling menggunakan ambulance ke area warga, membagikan leaflet dan yang lainnya sebagai informasi pencegahan. Masyarakat diharapkan selalu cuci tangan dengan sabun, dan mengikuti instruksi wali kota untuk social distancing," ungkapnya.