Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

Pelaksanaan ujian perangkat desa di beberapa wilayah Kecamatan di Tulungagung terancam mundur. Hal itu, lantaran adanya penyebaran virus corona atau Covid-19 yang terus meningkat penularannya.

Jadwal pelaksanaan ujian perangkat desa di Wilayah Kecamatan Sumbergempol contohnya, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2020 depan, hingga hari ini belum diputuskan.

"Besuk Senin (23/03) masih akan kita rapatkan, berdasarkan surat edaran yang kita terima tidak boleh mengadakan kegiatan hingga tanggal 29 Maret 2020. Nah ujian tanggal 31 rencananya, besok kita rapatkan ditunda atau lanjut," jelas camat Sumbergempol melalui Kasi Pemerintahan Wahyudi, Minggu (22/03) sore.

Pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan para panitia terkait jadwal yang belum dapat dipastikan itu.

Sementara, Kepala Bagian pemerintahan Kabupaten Tulungagung Sudarmaji menjelaskan jika ujian yang rencananya dilaksanakan di bulan Maret ini akan diundur.

"Diundur," kata Darmaji saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Darmaji meminta agar konfirmasi terkait kepastian jadwal ditanyakan langsung ke pihak kecamatan. Alasanya, camat yang merekomendasikan penjaringan dan penyaringan perangkat desa, kemudian kepala desa membentuk panitianya.

"Tanyakan ke camat," tambahnya.

Salah satu peserta perangkat desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol saat dikonfirmasi mengaku mendengar ada pengunduran jadwal pelaksanaan ujian. Namun, hingga kini Beni belum mendapat pemberitahuan dari panitia.

"Saya mendengar diundur, tapi hingga saat ini tidak mendapat pemberitahuan dari panitia," kata Beni.