Polri Buka Pendaftaran Anggota / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Polri Buka Pendaftaran Anggota / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka kesempatan untuk putra putri terbaik Indonesia untuk menjadi Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama T.A 2020 pada tanggal 7 Maret sampai dengan 23 Maret 2020.

Menurut Kepala bagian Sumber Daya (Kabag  Sumda) Polres Tulungagung, Kompol Mustafa Alhadar, Tahun 2020 ini, penerimaan Polri dibuka kembali dengan tiga program yakni Akpol, Bintara dan Tamtama. Penerimaan ketiga program perekrutan anggota kepolisian dimulai dari tanggal 7 sampai 23 Maret 2020. Untuk bisa mengetahui bagaimana cara dan syarat daftarnya, bisa mengakses melalui situs www.penerimaan.polri.go.id atau datang ke Polres Tulungagung. 

“Polri membuka pendaftaran penerimaan anggota Polri bagi putra putri yang terbaik mulai tanggal 7 Maret sampai dengan 23 Maret 2020, selanjutnya yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan panitia, akan mengikuti proses seleksi selanjutnya,” jelas Kompol Mustafa Alhadar. 

Dalam penerimaan anggota Polri untuk program Bintara, tahun ajaran 2020 ini hanya dibuka beberapa jurusan saja di antaranya Bintara polisi tugas umum, teknologi informasi, polair, musik, penerbang (pilot), penyidik pembantu, olahraga, agama, tata boga, perawat, bidan, dan pramugari.

“Masing-masing kebutuhan Bintara di atas akan disesuaikan dengan jurusan sekolah dari peserta sebelumnya untuk diarahkan sesuai dengan kebutuhan rekrutmen anggota Polri,” ujarnya. 

Lebih jauh, Kabag Sumda kembali menjelaskan, bahwa pelaksanaannya tidak dipungut biaya sama sekali. Sehingga adanya anggapan bahwa masuk Polisi itu harus bayar atau harus punya koneksi adalah tidak benar. Siapapun bisa mendaftar sebagai Polisi, dari golongan dan kalangan manapun, cukup berbekal kepercayaan diri dan persiapan jasmani, rohani serta akademik para peserta untuk mengikuti tes yang akan dilaksanakan nanti.