Para petugas menyemprot di Pura Giri Arjuna, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Sabtu (21/3/2020). (Foto: istimewa)
Para petugas menyemprot di Pura Giri Arjuna, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Sabtu (21/3/2020). (Foto: istimewa)

Berbekal dana darurat, sejumlah desa di Kecamatan Bumiaji melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona. Penyemprotan disinfektan dilakukan pada sabtu (21/3/2020). 

Seperti halnnya yang dilakukan pemerintah Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Sejumlah pihak terlibaat dalam penyemprotan disinfektan.  Mulai dari Pemdes Tulungrejo, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Tulungrejo, Linmas, Forum Kota Batu Sehat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKK Desa Tulungrejo terjun dan relawan. Mereka bahu-membahu  melakukan penyemprotan disinfektan. 

“Untuk penyemprotan secara mandiri ini kita lakukan dengan dana kedaruratan. Sebagai upaya pencegahan sejak dini,” ucap Kepala Desa Tulungrejo, Suliyono.

Mereka yang melakukan penyemprotan sudah dibekali alat pelindung mandiri itu pun sudah disiapkan oleh masing-masing orang. Kemudian menggunakan lima hand sprayer yang baru dibeli dan lima diesel pinjaman warga.

Mulanya penyemprotan dilakukan mulai dari area kantor Pemdes, Fasilitas umum, tempat ibadah, dan sebagainya. “Kemudian akan dilanjutkan Minggu (22/3/2020) ke pemukiman yang ramai seperti tempat perbelanjaan,” beber dia.

Selain penyemprot disinfektan, sebagian petugas juga memberikan edukasi tentang virus Corona dan pencegahannya.

Suliyono menambahkan jika dengan penyemprotan disinfektan ini sebagai upaya pencegahan sejak dini di desanya. “Dengan begini kami benar-benar sudah melakukan pencegahan sejak dini,” tutupnya.