Salah satu petugas Pemadam Kebakaran Kota Batu menyemprot disinfektan di Pasar Besar Kota Batu, Jumat (20/3/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu petugas Pemadam Kebakaran Kota Batu menyemprot disinfektan di Pasar Besar Kota Batu, Jumat (20/3/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Bukan hanya tempat ibadah di Kota Batu yang mendapatkan penyemprotan disinfektan, tetapi juga di tempat umum. 

Untuk melakukan penyemprotan itu Pemkot Batu menerjunkan empat mobil tangki, Jumat (20/3/2020).

Dalam tangki itu diisi disinfektan yang berfungsi membunuh kuman dan virus. Untuk masing-masing tangkinya berisi 5.000 liter cairan disinfektan.

Hal tersebut salah satunya terlihat di Pasar Besar Kota Batu. Salah satu petugas dari Dinas Pemadaman Kebakaran (DPK) Kota Batu melakukan penyemprotan menggunakan pakaian lengkap dengan helm dan alat pernafasan.

Penyemprotan dilakukan di beberapa sudut, seperti jalan, kursi, dan sebagainya. Kemudian penyemprotan juga dilakukan di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu, Alun-Alun Kota Batu, dan sebagainya.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso juga ikut terjun membersihkan di tempat umum tersebut. 

“Penyemprotan disinfektan itu dilakukan untuk mencegah virus corona atau covid 19,” ucapnya.

Ia menambahkan petugas yang terjun di lapangan itu juga dilengkapi menggnakan masker, sarung tangan, hingga asupan vitamin. 

Dengan demikian mereka yang bertugas terjamin kesehatannya.

“Mereka yang bertugs ini harus terjamin kesehatannya. Jadi sebelum berangkat mereka sudah melingdungi badannya dengan peralatan yang sudah disiapkan,” tutupnya.