Masjid Besar Agung Baitul Hakim (Foto: Dokumen MadiunTIMES)
Masjid Besar Agung Baitul Hakim (Foto: Dokumen MadiunTIMES)

Sejumlah masjid di Kota Madiun masih menggelar salat Jumat berjamaah, hari ini (20/3/2020). Di antaranya Masjid Besar Kota Madiun atau lebih dikenal Masjid Agung Baitul Hakim yang berlokasi di sebelah barat Alun-Alun Kota Madiun. 

Masjid yang memiliki desain perpaduan arsitektur Jawa, Arab Saudi dan Eropa tersebut tetap menggelar ibadah salat Jumat meski ada imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk jamaah melakukan salat di rumah.

Takmir Masjid Agung Baitul Hakim, Haryono saat ditemui di sekretariat masjid menjelaskan bahwa Wali Kota Madiun telah  melakukan kunjungan, Jumat pagi. 

Kunjungan itu sekaligus dalam rangka melakukan penyemprotan antiseptik di masjid dan juga memberikan beberapa imbauan. Di antaranya seperti tata cara bersalaman yang tidak saling bersentuhan, mempersingkat waktu jumatan, membawa peralatan salat sendiri seperti sajadah dan mukena bagi perempuan.

“Tetap diadakan, dari MUI juga meminta untuk waktu khotbah dipersingkat sekitar 5 menit, dari durasi maksimal 15 menit dan tetap berjalan seperti biasa, imbauannya mohon kepada semua jamaah untuk membawa sajadah sendiri,” ungkap Haryono.

Majeliz Dakwah Islam (MDI) mengimbau pihak masjid untuk menyediakan dua buah sajadah yang mungkin digunakan oleh imam sendiri nantinya. MDI juga meminta agar pihak masjid secara rutin melakukan pembersihan di seluruh area masjid.

Tidak hanya Masjid Agung Baitul Hakim, seluruh masjid di lingkungan Klegen, Kota Madiun, Masjid At-Taqwa Slamet Riyadi tetap melaksanakan sholat jumat seperti biasanya. 

Merebaknya pandemi virus corona bukan menjadi penghalang untuk tetap beribadah seperti biasanya.

”Jumatan tetap berjalan seperti biasanya, tidak ada yang berubah, takmir masjid dan masyarakat jamaah telah melakukan musyawarah sebelumnya, dan menghasilkan kesepakatan untuk tetap melaksanakan salat Jumat,” tegas Sukarno, anggota Polsek Klegen, Manguharjo.

Sedangkan di Masjid Al-Mahmudi Kelurahan Tawangrejo Kota Madiun dilakukan penyemprotan antiseptik untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. "Hari ini tetap dilaksanakan sholat jumat seperti biasanya," ujar Hambali, selaku anggota takmir masjid.