Ganis Rumpoko berswafoto usai memberikan hand sanitizer bersama masyarakat di Kota Batu. (Foto: instagram @ganisrumpoko)
Ganis Rumpoko berswafoto usai memberikan hand sanitizer bersama masyarakat di Kota Batu. (Foto: instagram @ganisrumpoko)

Sebelumnya Balai Penelitian dan Tanaman Jeruk Subtropika (Balitjestro) Kementrian Pertanian membuat hand sanitizer yang diberikan langsung kepada Pemkot Batu. Hal yang berbeda dilakukan anak kedua Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yakni Ganis Rumpoko.

Hal itu dibagikan Ganis melalui akun instagramnya @ganisrumpoko yang membuat sendiri hand sanitizer bersama adiknya Raras di rumah. Dalam postingannya itu terlihat ia dan adiknya bersama botol-botol yang sudah terisi hand sanitizer buatannya.

Keinginan Ganis membuat hand sanitizer itu merupakan salah satu upaya pencegahan covid-19, melihat saat ini harganya tinggi dan mengalami kelangkaan. 

“Enggak semua orang punya kemewahan untuk bekerja di rumah. Sebagian besar harus tetap pergi bekerja di tengah bahaya wabah karena tak punya cadangan rupiah,” tulisnya.

“Salah satu upaya kecil yang bisa dilakukan untuk mencegah adalah dengan menjaga kebersihan. Sayangnya, pembersih tangan justru jadi barang langka dan kalaupun tersedia harganya enggak wajar,” imbuhnya.

Hand sanitizer itu pun dibagikannya pada Kamis (19/3/2020) kepada masyarakat Kota Batu, Khususnya mereka yang bekerja di jalan. “Aku bagi-bagi home made pembersih tangan ini untuk mereka yang harus bekerja di jalan,” tambah Ganis.

Saat membagikan hand sanitizer itu rupanya Ganis dibantu para driver ojek online.  Kegiatan ini diabadikan oleh sang ibu yakni Dewanti Rumpoko di sosial media pribadinya. 

“Kakak Ganis berbagi hand sanitizer dibantu mas-mas ojol yang ganteng-ganteng, sapa yang mau bantu,” tulisnya.