Pemain Arema FC ketika menjalani latihan (official Arema FC)
Pemain Arema FC ketika menjalani latihan (official Arema FC)

Setelah kurang lebih libur lima hari dari aktivitas latihan, Arema FC dijadwalkan akan kembali melakukan latihan tim pada Jum'at (19/3/2020) sore di Lapangan Futsal Ma Chung, Tidar, Kota Malang.

Namun, saat ini setiap sebelum latihan, para pemain akan mendapatkan pemeriksaan dari dokter tim untuk mengecek temperatur suhu badan.

Dokter Tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi menjelaskan bahwa semua pemain Arema FC harus mengikuti protokol pemeriksaan kesehatan. 

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi agar pemain Arema FC tak terinfeksi virus Covid-19 yang sudah memasuki Malang Raya.

Dan tim dokter akan segera melakukan penanganan medis apabila ada pemain yang terindikasi terpapar virus tersebut. 

"Sesuai protokol pemeriksaan (akan dilakukan kepada pemain, official dan pelatih) yaitu meliputi tes temperatur dan gejala demam atau batuk tiap sebelum latihan. Intinya sama seperti orang-orang lain pada umumnya," ujar Nanang.

Sementara itu, asisten pelatih Arema FC Charis Yulianto mengatakan bahwa latihan yang akan dilakukan ini untuk melihat kembali sejauh mana kondisi pemain karena sebelumnya tim pelatih memberlakukan pekerjaan rumah untuk para pemain.

"Meski llibur (kemarin), pemain boleh istirahat tapi dengan catatan tetap aktif. Dalam hal ini adalah tetap melakukan latihan untuk menjaga kondisi," kata Charis Yulianto.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola Indonesia resmi ditunda beberapa waktu sampai pemerintah menyatakan kondisi sudah kondusif terkait Covid-19. 

Hal ini dilakukan karena menyangkut keamanan pemain, pelatih hingga fans yang selalu banyak ketika digelar pertandingan.