04/12/2022 Salat Jumat Berjamaah, Masjid Agung Jamik Malang Siapkan Hand Sanitizer | Jatim TIMES

Salat Jumat Berjamaah, Masjid Agung Jamik Malang Siapkan Hand Sanitizer

Mar 19, 2020 15:00
Masjid Agung Jamik Malang (Istimewa).
Masjid Agung Jamik Malang (Istimewa).

Pewarta: Pipit Anggraeni | Editor: Yunan Helmy

Masjid Agung Jamik Malang akan tetap melaksanakan ibadah saalat Jumat berjamaah, Jumat (20/3/2020) besok. Jamaah yang hendak melaksanakan salat pun disarankan untuk membawa sajadah atau surban sebagai alas salat.

Takmir Masjid Agung Jamik Malang Mahmudi menyampaikan, selain mengimbau jamaah untuk membawa alas salat dari rumah, pihak masjid juga akan menyiapkan hand sanitizer. Hal itu mematuhi protokol yang berlaku untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

"Kami usahakan untuk menyediakan hand sanitizer. Tapi untuk alat pengukur suhu, kami belum bisa karena memang kami tidak memiliki alat itu," katanya.

Pria yang akrab disapa Udi itu juga mengimbau agar jamaah mensucikan diri secara sempurna saat akan melaksanakan salat jamaah. Sementara jamaah yang memiliki keluhan batuk, pilek, bahkan sakit disarankan untuk melaksanakan salat duhur di rumah.

Dia juga menjelaskan jika shaf shalat akan rapat sebagaimana ketentuan yang ada. Sebab, merapatkan shaf shalat merupakan keutamaan yang disunahkan dalam salat berjamaah. Namun apabila ada jamaah yang merasa ragu saat akan merapatkam shaf, disarankan untuk salat di rumah. "Shaf akan dirapatkan sebagaimana yang disunahkan," terang Udi.

Dia pun berharap agar masyarakat tak terlalu panik dengan kondisi yang ada sekarang. Hal itu  akan disinggung dalam khutbah yang akan disampaikan dalam saalat Jumat di Masjid Agung Jamik Malang, besok. "Materi dan tema khutbah yang disampaikan akan berkaitan dengan kondisi kita saat ini," terangnya.

Lebih jauh Udi menyampaikan, kebersihan masjid selalu dijaga. Setiap hari, karpet dibersihkan dengan alat penyedot debu. Namun, penyemprotan disinfektan memang belum dilaksanakan sampai saat ini.

Meski begitu, penyemprotan disinfektan akan dilakukan dalam waktu dekat, sebagaimana instruksi yang disampaikan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Secara berkala, seluruh masjid di Kota Pendidikan ini akan disemprot dengan disinfektan.

"Sudah didata, dalam waktu dekat akan dilakukan penyemprotan. Mungkin 50 masjid dulu. Setelah itu, ditambah lagi secara berkala," pungkasnya.

 

Judul berita Salat Jumat Berjamaah, Masjid Agung Jamik Malang Siapkan Hand Sanitizer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
malang berita malang Masjid Agung Jamik Malang akan tetap melaksanakan ibadah saalat Jumat berjamaah

Berita Lainnya