Kapolsek Blimbing, Kompol Hery Widodo saat mengimbau masyarakat agar tidak panic buying dan waspada terhadap Corona (Polsek Blimbing)
Kapolsek Blimbing, Kompol Hery Widodo saat mengimbau masyarakat agar tidak panic buying dan waspada terhadap Corona (Polsek Blimbing)

Covid 19 yang menyebar ke banyak negara, tak terkecuali Indonesia, menimbulkan kekhawatiran  masyarakat. Berbagai kalangan mulai dari pemerintah hingga unsur aparat kepolisian saat ini tengah gencar  memberikan imbauan kepada masyarakat terkait pencegahan wabah Covid 19.

Seperti halnya yang dilakukan jajaran Polsek di bawah Polresta Malang Kota. Anggota Polsek Blimbing mengimbau masyarakat di pasar-pasar untuk tidak panik dengan adanya wabah Covid 19.

"Jangan panik, tetap lakukan langkah-langkah hidup sehat dan bersih. Selalu gunakan handsanitizer, jaga jarak dengan orang lain minimal satu meter. Hindari sentuhan langsung dengan orang lain tidak harus bersalaman cukup dengan mengucapkan salam dengan tangan sembah sujud," jelas Kapolsek Blimbing, Kompol Hery Widodo (18/3/2020).

Lebih lanjut dijelaskannya, selain Imbauan untuk selalu berpola hidup bersih dan sehat, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak menjadi panic buying terhadap barang-barang karena Covid 19. Sebab, hal tersebut justru nantinya malah akan membuat masyarakat dianggap melakukan penimbunan.

"Jangan membeli barang atau bahan pokok secara berlebihan, belilah secukupnya. Apalagi melakukan penimbunan, justru nanti malah berkonsekuensi hukum," terangnya.

Senada dengan Kapolsek Blimbing, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopinda) Kota Malang, Wahyu Setianto, melalui Kasi Pengendalian dan Pengawasan, Bidang Perdagangan Luh Eka Wilantari mengatakan, jika masyarakat harus lebih berhati-hati lagi saat isu Covid 19.

Pasalnya rentan terjadi penyebaran informasi yang justru malah membuat panik masyarakat, hingga berdampak pada terjadinya panic buying. Karenanya, masyarakat arus benar-benar memfilter informasi yang mereka terima.

"Budayakan hidup sehat, bersih, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup karena virus covid 19 itu bisa di lawan dengan antibodi tubuh kita sendiri," ungkapnya (18/3/2020)

Selain itu, terkait fenomena panic buying pihaknya juga menyampaikan  jika saat ini di Kota Malang masih belum ditemukan adanya fenomena panic buying. Ia menyebut jika di Kota Malang, aman dari fenomena itu.

" Ya kami imbau tidak berburu memborong sembako. Karena stok sembako secara umum aman di Malang," pungkasnya.